Mad Romli: Setop BAB Sembarangan

Kabupaten Tangerang  JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 05:16:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Mad Romli: Setop BAB Sembarangan

Mad Romli/ARS

RMOLBanten. Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mendeklarasikan gerakan Setop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Kecamatan Cikupa, Kamis, (6/12) kemarin.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang agar bersama-sama menjadi agen perubahan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita," kata Mad Romli.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desi Riana Dinardianti mengatakan sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Sanitasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam mewujudkan layanan yang terkait dengan pengentasan kemiskinan dan peningkatan produktivitas. Permasalahan sanitasi yang ada bukan hanya pada permasalahan sarana tetapi juga perilaku masyarakat," terangnya.

Lanjut Desi, meningkatkan kemampuan masyarakat dan meningkatkan akses sanitasi dengan menyelenggarakan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Pelaksanaan STBM didasarkan pada Permenkes Nomor 3 tahun 2014 tentang STBM dan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 22 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan STBM.
Di Kabupaten Tangerang saat ini ada 274 desa yang sudah melaksanakan STBM. 15 desa di antaranya dinyatakan bebas dari SBS, yakni Desa Bitung Jaya, desa cikupa, kelurahan Balaraja, Desa Sentul Jaya, kelurahan Babakan.

Selain itu, Desa Suka Asih, Kelurahan Kuta Baru, Kelurahan Kelapa Dua, Kelurahan Bencong, Kelurahan Mekar Bakti, Desa Sempora, Desa Gelam Jaya dan Desa Sukamantri.

"Semoga deklarasi ini dapat menjadikan seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Tangerang terbebas dari buang air besar sembarangan," tandasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds