Banten Rawan Bencana, Tjahjo Ingatkan WH Awasi Industri Kimia

Ekbis  JUM'AT, 28 DESEMBER 2018 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Banten Rawan Bencana, Tjahjo Ingatkan WH Awasi Industri Kimia

Mendagri Tjahyo Kumolo di Banten/Dedi

RMOLBanten. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah yang ada di Provinsi Banten memonitor dan mewaspadai keberadaan industri besar kimia yang ada di kawasan pesisir.

Kawasan  tersebut, kata Tjahjo masuk daerah rawan bencana akibat kegempaan Gunung Anak Krakatau (GAK).

"Industri kimia yang berada di Kota Cilegon tidak boleh luput dari  pantauan. Mereka harus dilibatkan dalam antisipasi dampak terjadinya bencana," kata Tjahjo saat berkunjung ke Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat, (28/12).
Gubernur, kata Tjajo, perlu ada tim yang melakukan monitoring pendekatan ke pabrik besar. Area rawan bencana di Banten,

"Ini harus mulai sekarang. Umumkan ke masyarakat cari humas, tidak menakut-nakuti tapi memberi pengertian wilayah terjangkau oleh batuknya maupun muntahnya GAK. Harus dicermati yang bisa muncul setiap saat,” katanya
Pemda lanjut Tjahjo, harus secara seksama melakukan pemetaan. Meski baru gejala. Namun, antisipasi bencana sudah harus dilakukan untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan seandainya benar terjadi.  

"Pak Gubernur (Wahidin Halim) supaya langsung terjun ke industri besar kimia. Saya kira perlu persiapan, ini kan baru gejala. Ya, mudah-mudahan tidak semakin membesar tapi setidaknya ada persiapan, ada deteksi dininya mempersiapkan kemungkinan terburuk,” ungkap Tjahyo.

Pihaknya juga meminta, agar pemantauan dan pemetaan dilakukan secara terintegrasi. Tidak hanya dilakukan pemda, juga harus melibatkan pemerintah desa dan industri.

Karena wilayah Banten Selatan berdekatan dengan Selat Sunda.Itu area rawan bencana. Harus siap siaga. Pak Gubernur sampai perangkat desa harus mengkonsolidasikan, menggerakan seluruh perangkatnya supaya meminimalisasi korban,” tandasnya.[ars]

Komentar Pembaca
Kenangan Terakhir Bersama Memo

Kenangan Terakhir Bersama Memo

SABTU, 01 JUNI 2019 , 21:00:00

Selamat Jalan Bu Ani

Selamat Jalan Bu Ani

SABTU, 01 JUNI 2019 , 13:00:00

Soenarko Korban Rekayasa?

Soenarko Korban Rekayasa?

JUM'AT, 31 MEI 2019 , 13:00:00

Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds