Paket Rp 1,5 Triliun Segera Dilelang, PUPR Banten Paling Banyak Dapat?

Ekbis  SELASA, 08 JANUARI 2019 , 18:27:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Paket Rp 1,5 Triliun Segera Dilelang, PUPR Banten Paling Banyak Dapat?

Ilustrasi/Net

RMOLBanten. Pada tahun 2019 ini, ratusan paket menyebar di 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dilelang melalui unit layanan pengadaan (ULP), dengan jumlah keseluruhan Rp 1,5 triliun lebih.
 
Paket yang dilelang melalui tender secara terbuka tersebut paling banyak berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Banten, Mahdani, membenarkan ratusan paket tersebut akan dilelang. Kata dia, baru sebagian kecil saja  mulai diproses dan telah terlaksana, namun  mayoritas masih dalam proses kelengkapan administrasi.
 
"Tahun ini, ada 300 paket dilelang di ULP. Dan paling banyak ada di PUPR, sekitar 35 paket," katanya.
 
Mahdani menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus mengkoordinasikan kepada 16 OPD agar kelengkapan- atau syarat proses lelang dapat dipenuhi, dan dapat ditayangkan untuk diperebuti pihak ketiga.

"Untuk di PUPR saja, dari 35 paket itu, kita mintakan agar diperbaiki dulu HPS (harga perkiraan sendiri), karena yang mereka sampaikan masih bentuk global, sehingga menyulitkan penawar atau pihak ketiga," ungkapnya.

HPS lanjut Mahdani,  selain sebagai syarat sebagai kelengkapan dokumen proses lelang harus dicantumkan dalam setiap pengadaan barang dan jasa, juga akan menjadi pemasukan bagi pendapatan pemprov.

"Efisiensi tahun 2018 lalu saja, dari penawaran penyedia dan OPD sebesar Rp 200 miliar. Jadi kenapa harus ada HPS yang tepat, karena nanti disitu (proses lelang) ada proses tawar menawar," terangnya.
 
Terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwan) Banten, Deni Hermawan menjelaskan, proses paket kegiatan pengadaan barang dan jasa di OPD telah disampaikan pada Desember tahun 2018 lalu. Ada yang sudah berjalan dan masih berproses.
 
"Untuk di setwan (sekretariat dewan), pengadaan barang jasa totalnya ada 55 pekerjaan, dengan rincian tender 7 pekerjaan, tender cepat 3, e-Purchasing 16 dan pengadaan langsung (PL) 29 pekerjaan," ungkap Deni. [dhn]

Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds