Diskusi Di Kota Serang, Kepercayaan Publik Terhadap KPU Menurun

Politik  RABU, 09 JANUARI 2019 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Diskusi Di Kota Serang, Kepercayaan Publik Terhadap KPU Menurun

Diskusi media di Kota Serang/RMOLBanten

RMOLBanten. Kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu menurun terutama kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam beberapa hari ini, sebagian pihak menganggap apa yang dikerjakan KPU ini tidak ada benarnya.

Hal tersebut dikatakan Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDi) Pusat Nasrullah dalam Diskusi Media, "Membangun Kepercayaan Publik Dalam Pemilu 2019”, di Kota Serang, Rabu (9/1).

"Fakta-fakta itu bisa terlihat bagaimana kasus e-KTP yang tercecer, kotak suara, DPT, 7  kontainer surat suara kemudian persoalan visi misi yang tiada hentinya menjadi perdebatan yang amat luar biasa," ucapnya.

Semuanya kata Nasrullah, bisa menggiring dengan sendirinya pada persoalan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu.

"KPU dan Bawaslu pada situasi yang sangat sentralistik ini, sebetulnya ada aksi yang bisa dilakukan didaerah, jadi jangan terjebak berdiam diri menunggu KPU RI, Bawaslu RI lalu melakukan sesuatu," ujarnya.

Kata Nasrullah, ini warning kepada penyelenggara pemilu untuk mengembalikan kepercayaan publik agar kualitas pemilu 2019 tetap terjaga dengan mengajak kepada penyelenggara yang ada di daerah untuk melakukan penguatan di daerah.

"JaDi sebagai lembaga pemantau pemilu akan terus berupaya mengembalikan kepercayaan tersebut agar demkokrasi dalam pemilu ini bisa berjalan dengan baik, kita melakukan berbagai kegiatan  agar masyarakat tercerahkan,”ujarnya.

Nasrullah pun berharap KPU dan Bawaslu di daerah untuk selalu melakukan  komunikasi dengan masyarakat lalu dtampilkan di sosial media yang ada.

"Sebab komunikasi kepada publik yang belum siap  jadi masalah ditambah situasi pada politik saat ini yakni, politik identitas dan hoax. Padahal komunikasi kepada publik lah yang menentukan," tukasnya. [dhn]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.169): Petahana Mengusik Hubungan Diplomatik
TKN: Kasus Romi Masalah Pribadi

TKN: Kasus Romi Masalah Pribadi

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 21:00:00

Ini Kata Ketum PPP Soal OTT Di Jatim

Ini Kata Ketum PPP Soal OTT Di Jatim

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 13:30:00

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

Promosi Doktor Mudir MBS Ki Bagus Hadikusumo

Promosi Doktor Mudir MBS Ki Bagus Hadikusumo

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 16:20:00

The ads will close in 10 Seconds