TSUNAMI BANTEN

Data Ulang DPT Tunggu Langkah Pemda Terkait Hunian Korban Tsunami

Politik  RABU, 09 JANUARI 2019 , 16:15:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Data Ulang DPT Tunggu Langkah Pemda Terkait Hunian Korban Tsunami

Wahyu Furqon/Rizki

RMOLBanten. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten akan segera melakukan pendataan dan koordinasi terhadap daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah terdampak tsunami yang menerjang Pandeglang dan Serang.

Demikian disampaikan Ketua KPU Banten, Wahyu Furqon di Kota Serang, Rabu (9/1).

Wahyu mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan kepada KPU di daerah terdampak untuk melakukan update jumlah korban yang meninggal dan mengungsi.

"Masih pendataan dan berkoordinasi dengan PPK yang wilayahnya terkena tsunami, koordinasi dilakukan untuk update data warga yang meninggal dan mengungsi agar lebih mudah melakukan pendataan," kata Wahyu.

Saat ini, kata Wahyu, pihaknya masih menunggu langkah yang akan diambil pemerintah daerah terkait dengan tempat tinggal para korban tersebut. Sebab menurutnya, hak tersebut akan berpengaruh pada tingkat partisipasi pemilih.

"Kalau terjadi relokasi, kami sifatnya menunggu, kapan dilakukan? Pengaruhnya pasti terhadap partisipasi pemilih, kalau ini dilakukan menjelang Pemilu, ini kan repot juga," jelasnya.

Wahyu berharap, penyelenggara Pemilu di wilayah terdampak tsunami, bisa berkoordinasi dengan baik dengan Pemerintah daerah.

"Makanya kita sedang lihat seperti apa, apakah relokasi atau tetap dibangun di situ, kita mengikuti perkembangan itu, yang pasti teman-teman PPK di lapangan terus memantau, tentunya koordinasi dengan pihak terkait juga menjadi penting," tutupnya. [dhn]

Komentar Pembaca
Bebaskan WNI

Bebaskan WNI

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 06:59:00

Progres Tol Serpong-Kunciran

Progres Tol Serpong-Kunciran

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 14:08:00

Tamu Mahasiswa

Tamu Mahasiswa

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 20:56:00

The ads will close in 10 Seconds