Minimalisir Penyimpangan, WH Dan BPKP Awasi Posko Bantuan Tsunami

Keamanan  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Minimalisir Penyimpangan, WH Dan BPKP Awasi Posko Bantuan Tsunami

Wahidin Halim/Net

RMOLBanten. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), pekan ini mulai mengawasi penerimaan bantuan di posko-posko bantuan bencana tsunami di wilayah Banten.

Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi penyimpangan keuangan.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Pemprov dan BPKP  telah mengelar pertemuan untuk program kerja 2019. Ada beberapa poin yang akan ditindaklanjuti dan salah satunya adalah pendampingan terhadap proses rekonstruksi pasca tsunami di selat Sunda.

OPD  yang sekarang laporan-laporannya harus diakuntansi , iya ada pengawasan dari BPKP,” kata WH ini di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat (11/1).

WH menjelaskan, pengawasan atau pendampingan dilakukan atas permintaan dirinya dan mulai berjalan pekan ini. Pendampingan dititikberatkan pada pelaporan penerimaan posko-posko bantuan.

"Di mulai hari ini. Saya bilang coba dampingi itu untuk pelaporan akuntansi penerimaan posko-posko, supaya tidak keliru,” ungkapnya.

Selain soal pendampingan penanggulangan pasca tsunami, kata WH, BPKP juga akan melakukan pemeriksaan terhadap proyek yang telah dikerjakan pada tahun anggaran 2018.

Saya juga minta memang karena ini yang menugaskan gubernur. Kita juga meneliti kembali keputusan-keputusan yang berkaitan dengan tata kelola keuangan,” tambahnya.

Selanjutnya, Pemprov Banten dan BPKP juga akan melakukan upaya pencegahan kekeliruan di bidang akuntansi dengan menggelar beberapa program.

Dalam perjalanannya, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan BPKP agar terus melakukan pendampingan.
"Kita ikuti program unit kerja OPD, jadi ada pemeriksaan terhadap proyek kemarin, (prosesnya) lagi jalan. Terus juga ada pendampingan, ada bimtek terhadap ke bendaharawan termasuk juga reformasi birokrasi," ujar WH. [dhn]



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.169): Petahana Mengusik Hubungan Diplomatik
TKN: Kasus Romi Masalah Pribadi

TKN: Kasus Romi Masalah Pribadi

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 21:00:00

Ini Kata Ketum PPP Soal OTT Di Jatim

Ini Kata Ketum PPP Soal OTT Di Jatim

JUM'AT, 15 MARET 2019 , 13:30:00

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

Promosi Doktor Mudir MBS Ki Bagus Hadikusumo

Promosi Doktor Mudir MBS Ki Bagus Hadikusumo

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 16:20:00

The ads will close in 10 Seconds