Irna: Festival Holtikutura Tunjukan Eksistensi Komoditas Di Pandeglang

Ekbis  SABTU, 02 FEBRUARI 2019 , 20:56:00 WIB | LAPORAN: RUSLAN TAMBAK

Irna: Festival Holtikutura Tunjukan Eksistensi Komoditas Di Pandeglang

Foto/Dok

RMOLBanten. Festival hortikultura bertujuan untuk untuk mengangkat eksistensi komoditas horikulutra yang ada di Pandeglang, sehingga diakui nasional.

Demikian disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam acara festival horlikultura, (Sabtu, 2/2).

"Varietas durian kami banyak. Yang ikut kontes kurang lebih ada 41. Selain itu manggis kami juga sudah kualitas impor, dan masih banyak lagi varietas hortikultura lainnya yang dapat kami kembangkan," kata Irna.

Menurut Irna, pengembangan Hortikultura merupakan harapan besar bagi masyarakat Pandeglang. Pasalnya, masyarakat Pandeglang kebayanyakan bergerak sub sektor hortikultura.

"Kami punya semangat yang tinggi, dan banyak belajar dari Kabupaten lain yang telah sukses. Kita akan dorong terus dan akan ada pengelompokan daerah strategis dalam pengembangan hortikultura, "terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M. Tauchid meminta Pandeglang harus terdepan dalam pengembangan hortikultura. Karena, dirinya melihat Pandeglang merupakan daerah penyangga ibukota Jakarta.

"Ada kelebihan dari Pandeglang yaitu Iklim, dan tanah sangat menguntungkan. Ini dibuktikan dengan manggis Pandeglang yang bisa menerobos pasar ekspor," terang Agus.

Untuk lebih mendongkrak produktivitas durian, Agus menilai harus ada peremajaan, karena saat ini banyak alih fungsi dari pohon durian.

"Banyak pohon yang ditebang, ini harus segera dilakukan peremajaan agar tidak punah. Banten akan konsistem membangun pertanian di Pandeglang, kami percaya kepada Bupati dapat bekerja nyata," ujar Agus dilansir dari Humas Pandeglang.

Usai pembukaan acara Festival Hortikultura diagendakan lounching beberapa varietas yang bersertipikat yaitu Padi Ketan Jalupang, Padi Ketan Bahung, Jengkol Gobang, Petai Jolongan, Durian Ketan Jaya, Durian Baranjang, dan Durian Grinsing. [dhn]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds