Pabrik Daur Ulang Plastik CV Thingkying Kebakaran

Rekomendasi DLHK Banten Pencemaran Udara

Ekbis  SABTU, 09 FEBRUARI 2019 , 11:09:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Pabrik Daur Ulang Plastik CV Thingkying Kebakaran

Kebakaran CV Thingkyin/RUS

RMOLBanten. Kebakaran hebat terjadi di pabrik daur ulang plastik  di daerah Titian Arum, Kelurahan Dragong Kecamatan Taktakan Kota Serang. Kebakaran terjadi di CV Thingkying  Sabtu  (9/2) pada subuh pukul 04.30 WIB.

Informasi diterima Kantor Berita RMOLBanten dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, api bermula dari korsleting mesin pelet. Akibat insiden tersebut ruang administrasi perusahaan  dan seluruh bahan baku habis dilahap si jago merah.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi pada BPBD Banten, Giman membenarkan peristiwa kebakaran CV Thingkying. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sementara kerugiannya masih dalam proses penyelidikan.

"Berdasarakan informasi yang kami terima, petugas pemadam kebakaran setempat langsung menerjunkan tim ke lokasi setelah menerima laporan. Kami masih menunggu laporan lagi, sejauh ini tidak ditemukan korban jiwa manusia," ungkapnya.

Dikatakan Giman, untuk memadamkan api dilokasi kejadian, bukan hanya tim dari pemadam kebakaran Kota Serang saja yang terlibat, namun juga dari BPBD Kabupaten Serang.

"Api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan 5 unit Damkar BPBD Kabulaten Serang dan 4 unit Damkar Kota Serang. Sekitar pukul 08.30 WIB tadi api berhasil dipadamkan, 14 menit kemudian, 08. 44 WIB penanganan dinyatakan selesasi," ungkapnya.

Pantauan, di lapangan area pabrik daur ulang seluas 2 ribu meter persegi nampak berantakan, kotoran  plastik masih berserakan, dan tidak nampak adanya sistem produksi yang baik. Selain tidak ada jalur evakuasi bagi karyawanya jika terjadi bencana, perusahaan tersebut tidak menyediakan hydran air  untuk antisipasi jika terjadi kebakaran.

Diketahui  sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten telah memberikan rekomendasi terkait dengan pencemaran  pabrik daur ulang plastik CV Thingkying Plastik di RW 14 Linkungan Tegal Padang Kelurahan Dragong Kecamatan Taktakan Kota Serang ke Dinas LH Kota Serang.

Surat rekomendasi dari DLHK Provinsi Banten yang ditandatangani oleh Kepala Dinasnya, Husni Hasan tertanggal 13 Desember tahun 2017 menyebutkan, bahwa CV Thingkyling Plastik, terbukti telah melakukan sejumlah pelanggaran diantaranya, belum melakukan pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun (B3), dan belum melakukan pengendalian pencemaran udara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, perusahaan daur ulang plastik tersebut setelah dilakuan uji laboratorium terakreditasi, ada beberapa parameter melebihi baku mutu, yaitu kebisingan diarea produksi dan rumah penduduk. Rekomendasi Dinas LHK Provinsi Banten ke Dinas LH Kota Serang, selama bertahun-tahun warga  mengalami kerugian imaterial akibat pencemaran B3 dari dampak operasional pabrik tersebut.[dhn]

Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Ceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah Ustaz Adi Hidayat

SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

Jokowi Menunduk Ke Mega

Jokowi Menunduk Ke Mega

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 16:35:00

Airin Jenguk Anak Buah

Airin Jenguk Anak Buah

SELASA, 22 JANUARI 2019 , 10:39:00

The ads will close in 10 Seconds