Hasil Tes RSKO Andi Arief Negatif Narkoba, BNN: Silahkan Didalami

Hukum  SABTU, 09 MARET 2019 , 00:01:00 WIB | LAPORAN: IDHAM ADHARI

Hasil Tes RSKO Andi Arief Negatif Narkoba, BNN: Silahkan Didalami

Foto/Repro

RMOLBanten. Andi Arief, telah menjalani tes urine Jumat (8/3). Tes itu dilakukan sebelum menjalani proses rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta.

Hasil tes laboratorium berkop RSKO Jakarta beredar beberapa saat lalu lewat WhatsApp. Pengambilan spesimen dilakukan hari ini (Jumat, 8/3) pukul 15.30 WIB dan selesai pada 16.00 WIB.

Hasilnya, Andi Arief negatif Benzodiazepine, Cannabis, Opiate, Amphetamine dan MDMA. Nama dokter yang menangani Andi Arief adalah Erie Darma Irawan, seperti tertera di kertas hasil laboratorium.

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Sulistyo Pudjo, menjelaskan bahwa pihaknya memberi surat pengantar bagi Andi untuk menjalani rehabilitasi. Berawal dari assessment atau penilaian yang menunjukkan Andi Arief adalah pemakai narkoba.

Mengenai hasil pemeriksaan tadi di RSKO silakan didalami, tetapi ingat bahwa seseorang sehabis memakai narkoba itu ada masa tidak terbaca, baik diambil darah, air seni maupun rambutnya,” kata Pudjo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (8/3).

Kandungan narkotik bisa diketahui dari tes darah dengan batas waktu dua hari dari waktu pemakaian. Sedangkan dalam air seni atau tes urine punya batas waktu tiga hari. Yang lebih akurat adalah tes rambut di mana kandungan narkoba bisa terdeteksi sampai lima hari.

Menurut Pudjo lagi, hasil negatif  narkotik yang dikeluarkan RSKO bukanlah subtansi. Persoalan utamanya adalah ketergantungan Andi Arief terhadap narkoba.

Negatif itu bukan menyangkut masalah rehab medisnya. Karena memang yang bersangkutan memakainya digerebek Bareskrim dan pada saat itu dinyatakan positif Amphetamine,” jelas Pudjo.

Andi Arief ditangkap aparat kepolisian pada Minggu malam (3/3) di Hotel Menara Peninsula Jakarta karena diduga kuat sedang mengonsumsi narkoba jenis sabu. Meski polisi tidak menemukan barang bukti, tapi hasil tes urine menunjukkan Andi Arief positif pemakai sabu.

Hasil pemeriksaan BNN dan Bareskrim Polri merekomendasikan Andi Arief cukup menjalani rehabilitasi di RSKO Jakarta tanpa harus ditahan. Andi divonis sebagai pecandu bukan pengedar narkoba. [dhn] 

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds