Dualisme Kepemimpinan, KNPI Banten Siap Rekonsiliasi

Kota Serang  SELASA, 12 MARET 2019 , 13:34:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Dualisme Kepemimpinan, KNPI Banten Siap Rekonsiliasi

Rekonsiliasi KNPI Banten/Rizki

RMOLBanten. Setelah bercerai cukup lama, dualisme kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Banten akan segera berakhir.  

Kedua kubu, yakni KNPI versi Ali Hanafiah dan KNPI versi Rano Alfath, menyatakan siap melakukan rekonsiliasi karena sama-sama memiliki kesepahaman untuk menyatukan seluruh pemuda Banten dalam satu wadah KNPI. 

Demikian dikatakan Ali Hanafiah saat menggelar konferensi pers di Kota Serang, Selasa (12/3). 

Tadi sudah ada kesepahaman antara saya dengan bung Sirojudin Sekjen KNPI Banten versi Rano Alfath. Setelah Pilpres kita akan bersatu, kita sama-sama ada keinginan untuk menyatukan pemuda di Banten dalam rangka satu KNPI dan satu pemuda,” katanya. 

Ali menyatakan, proses rekonsiliasi antara kedua kubu KNPI sudah 80 persen, dan tinggal beberapa langkah lagi. Langkah pertama adalah Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang akan digelar Kamis (14/3) dan kemudian akan dilanjutkan dengan Musyawarah Daerah (Musda) setelah pilpres nanti. 

Rapimda ini untuk mendorong bersatunya pemuda di Provinsi Banten. Dan ini harus kita sambut bersama, apalagi para tokoh KNPI di Banten ini sudah sama-sama sepakat. Kita akan bersatu, karena dengan adanya dualisme ini kita sudah sangat banyak dirugikan,” paparnya. 

Di Rapimda nanti akan ditentukan waktu dan tempat Musda. Di Musda nanti tidak akan ada lagi (KNPI Rano Alfat/Ali Hanafiah), nanti akan terpilih ketua yang satu KNPI,” imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Ketua MPI KNPI Banten versi Rano Alfath, Udin Saparudin mengaku optimis bahwa upaya rekonsiliasi tersebut akan terwujud.

Untuk menyongsong Provinsi Banten yang lebih maju lagi, kata Udin, maka diperlukan persatuan seluruh pemuda Banten.

Ketika pemudanya bersatu di KNPI dan kondusif, maka ke depan akan menjadi warna baru, Banten ke depan akan lebih baik. Saya pastikan langkah persatuan ini bisa dilakukan tetapi dengan catatan ada kesadaran bersama,” katanya.

Jika rekonsiliasi di Banten ini terjadi, maka menurut Udin, hal ini akan jadi percontohan bagi KNPI seluruh Indonesia. 

Adanya pembelahan ini harus disudahi, karena tidak ada manfaatnya,” ujarnya. 

Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) KNPI Banten versi Rano Alfath, Gaos Alam mengatakan, bersatunya pemuda dalam satu wadah KNPI, menurutnya sebuah kemajuan pemuda di Provinsi Banten.  

"Setelah Pemilu nanti kita akan melakukan Musda bersama dalam satu tujuan, yakni satu pemuda dan satu KNPI. Kalau masih ada pemuda yang tidak mau bersatu, berarti itu tidak ingin maju,” ujarnya.
Dihubungi melalui telepon selulernya, Sekjen KNPI Banten versi Rano Alfath, Sirojudin membenarkan dirinya telah bertemu dan membahas untuk KNPI satu dengan Ali Hanafiah.

Secara pribadi, Sirojudin mengaku sangat menginginkan KNPI dapat bersatu kembali seperti dulu. 

"Saya lepas dulu sebagai Sekjennya. Kalau berbicara organisasi saya belum bisa, karena saya belum komunikasi dengan ketua dan pengurus lainnya, atas nama pemuda Banten saya sangat menginginkan melihat KNPI seperti dulu," ucapnya. 

"Dari dulu juga kan kita menginginkan untuk bersatu, siapa yang ingin berpisah. Saya sangat setuju jika KNPI dari pusat sampai daerah hanya satu," tandasnya. [ars

Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds