Bisnis Ikan Lele Di Tangsel Menggiurkan

Ekbis  SENIN, 18 MARET 2019 , 18:34:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Bisnis Ikan Lele Di Tangsel Menggiurkan

Panen Lele/ARS

RMOLBanten. Permintaan ikan lele di Kota Tangsel cukup tinggi. Sayangnya, belum dibarengi dengan stok yang ada.

Salah satu cara untuk memenuhi kekurangan permintaan ikan berkumis itu yaitu dengan memberdayakan masyarakat melalui kelompok budidaya ikan [Pokdakan].

Diketahui, kebutuhan lele di Kota Tangsel perharinya mencapai 1.200 ton. Sementara, hasil produksi dari petani ikan atau pokdakan hanya mencapai ratusan ton.

Seperti Pokdakan Kampung  Pondok Serut, Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara dalam sekali panen bisa menghasilkan satu ton lele jenis sangkuriang.

"Budidaya lele ini dikelola warga setempat. Hasilnya bisa meningkatkan ekonomi warga," kata Camat Serpong Utara Bani Khosiyatullah ditemui saat panen lele, Senin, (18/3).

Menurut Bani, pokdakan tersebut merupakan dibawah bianan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan. Selain itu, ada bantuan bibit lele, pangan serta jaring dari PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang dalam bentuk CSR.

"Dari bibit 10 ribu ekor, dalam tiga bulan bisa mencapai satu ton untuk sekali panen," ujarnya.    

Sementara Ketua Pokdakan 03 Pakujaya Usa Wijaya mengatakan, dari bibit hingga panen selama tiga bulan. PT IKPP Tangerang memberikan bantuan sebanyak 24 ribu ekor lele.

"Yang sudah bisa dipanen sekarang sebanyak seberat satu ton," ucapnya.

Untuk saat ini, kata Musa, ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan.

"Alhamdulillah adanya bantuan dari PT IKPP Tangerang hasil panen lebih maksimal. Selain bantuan bibit lele, PT IKPP Tangerang juga memberi bantuan pangan dan jaring," terangnya.

Ditambahkan Head of Sustainabilty PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan, budidaya ikan lele tidak hanya di Kelurahan Pakujaya saja.

Ada dua kelurahan lain yang sudah berjalan di program yang sama. Yaitu, Kelurahan Pakualam dan Pakulonan.

Alhamdulillah sekarang sudah panen. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya. [dhn]

Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds