FGD Bakohumas Untuk Tangkal Hoax Dan Ujaran Kebencian

Kabupaten Tangerang  SELASA, 19 MARET 2019 , 20:39:00 WIB | LAPORAN: SOPIAN SUKRI

FGD Bakohumas Untuk Tangkal Hoax Dan Ujaran Kebencian

FGD Bakohumas Pemkab Tangerang/SOP

RMOLBanten. Hoax dan ujaran kebencian sepertinya sudah menjadi isu nasional dari pusat sampai daerah. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah ramai-ramai membuat kegiatan untuk menangkal hoax tersebut.

Salah satunya yang dilakukan Bidang Infokom (Informasi dan Komunikasi) Dinas Kominfo Pemkab Tangerang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Bagi OPD, Kecamatan, dan instansi vertikal.

FGD Bakohumas diselenggarakan di ruang rapat bola sundul gedung usaha daerah  (GUD) pusat Pemerintah Kabupaten  (Puspemkab) Tangerang, Selasa (19/3).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang Tini Wartini mengatakan, Diskominfo khususnya bidang informasi dan komunikasi (kehumasan) di daerah merupakan pelayanan publik untuk mencegah dan menangani mewabahnya hoax dan ujaran kebencian di masyarakat.

Peran Diskominfo kata Tini perlu dukungan instansi, organisasi perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan, serta perusahaan di wilayah Kabupaten Tangerang untuk bersinergi dan berperan aktif dalam kehumasan dan pengelolaan media sosial.

Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Badan Koordinasi, dapat dibentuk Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Tangerang sebagai wadah koordinasi dan komunikasi kehumasan badan daerah dan Informatika Republik Hubungan Masyarakat publik di tingkat Daerah.

"Untuk itu kita mengadakan FGD Bakohumas bersama OPD dan badan publik yang lainnya agar lebih menyamakan visi tentang peran kehumasan dan mengoptimalkan media sosial," ungkap Tini.

Dulhak Kabid Infokom menambahkan, memperoleh informasi dan melakukan komunikasi merupakan hak asasi manusia. Pemerintah memiliki kewajiban melaksanakan hal itu sesuai dengan amanat konstitusi Pasal 28F UUD 1945. Pelaksanaan amanat konstitusi menjadi salah satu kewajiban humas pemerintah.

Tugas Bakohumas adalah memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah dengan berbagai informasi baik apa yang telah, sedang dan akan pemerintah lakukan,” ujar Dulhak.

Dulhak mengingatkan pentingnya Bakohumas di Kabupaten Tangerang ini, agar semua bisa bersinergi dan yang terpenting adalah semua informasi pembangunan daerah bisa tersosialisasikan dengan baik, sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui apa saja keberhasilan dan capaian kinerja pemerintah. [dhn]

Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds