Airin: Penanggulangan Bencana Perlu Keterlibatan Masyarakat

Kota Tangerang Selatan  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 17:13:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Airin: Penanggulangan Bencana Perlu Keterlibatan Masyarakat

Airin Rachmi Diany/RUS

RMOLBanten. Penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan swasta tetapi juga diharapkan peran keterlibatan masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat membuka pelatihan penguatan SDM Tagana Kota Tangsel di Situ Gintung, Ciputat Timur, Kota Tangsel, Jumat, (22/3).

Mnurut Airin, hakikat penanggulangan bencana adalah untuk mengurangi resiko dan dampak bencana terhadap masyarakat, terkait dengan upaya upaya penanggulangan bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan terkoordinasi secara menyeluruh.

Untuk itu, kata Airin diperlukan upaya upaya pemberdayaan seperti pelatihan penguatan, karakteristik kearifan local serta kemampuan dan potensi masyarakat itu sendiri.

Tagana sebagai ujung tombak terdepan dalam penanggulangan bencana baik saat tanggap bencana maupun pasca bencana diharapkan dapat memahami tentang peran dan fungsinya dalam menanggulangi bencana," ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel Salbini mengatakan, saat ini anggota Tagana Kota Tangsel sebanyak 180 orang.

Anggota Tagana asal Kota Tangsel ini sudah sering melakukan membantu korban bencana alam. Seperti gempa Palu dan tsunami Selat Sunda di Pandeglang dan Serang.

"Tagana Kota Tangsel harus selalu eksis. Alhamdulillah sejauh ini eksistensi teman-teman Tagana sudah diakui. Bahkan, mendapat apresiasi dari Kementerian Sosial," jelasnya. [dhn]





Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Putri Bung Karno Ziarah Ke Makam Gus Dur

Putri Bung Karno Ziarah Ke Makam Gus Dur

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

MBS Jampang Gondol Dua Piala

MBS Jampang Gondol Dua Piala

MINGGU, 14 APRIL 2019 , 20:14:00

Antusias Pencoblosan Di Manila

Antusias Pencoblosan Di Manila

MINGGU, 14 APRIL 2019 , 19:18:00

The ads will close in 10 Seconds