KPU Banten: Deklarasi Damai Jaga Kondusifitas Pemilu

Hukum  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

KPU Banten: Deklarasi Damai Jaga Kondusifitas Pemilu

Deklarasi damai di KPU Banten/RUS

RMOLBanten. Seluruh partai politik (parpol), para calon legislatif baik DPR, DPRD Banten, Kabupaten/Kota, maupun DPD dan tim pemenangan presiden nomor urut 01 dan 02 mendeklrasaikan kampanye damai.

Ada tiga hal yang harus dikedepankan oleh KPU, yakni menolak hoax, politik SARA dan tidak berpolitik uang.

Demikian terungkap dalam acara deklarasi kampanye damai di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (22/3).
 
Pantauan di lokasi, sejumlah perwakilan 16 parpol peserta pemilu dan beberapa perwakilan DPD diajak untuk mendaklarasikan kampanye damai.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Banten, Wahyul Furqon, Ketua Bawaslu Banten, Didih M Sudi, Wakapolda Banten, Brigjen Pol Tomsi Tohir dan unsur forkopimda.

Anggota KPU Banten, Eka Setyalaksmana mengungkapkan, deklarasi dilakukan dalam rangka memasuki tahapan kampanye rapat umum yang dilaksanakan mulai 24 Maret-13 April 2019.

Tadi bisa dilihat seluruh parpol, caleg dan tim pemenangan pilpres baik untuk pasangan 01 dan 02 bersama penyelenggara bersama-sama berkomitmen, berikrar agar pemilihan umum dan pelaksanaan rapat umum berlangsung  aman, tertib dan berintegritas,” katanya.

Tiga poin yang disampaikan pada deklarasi tersebut soal hoax, politik SARA dan politik uang yang dilakukan seluruh peserta pemilu baik dalam rapat umum dan tahapan pemilihan harus betul-betul dihindari.

Kita mau seluruh proses tahapan kampanye, baik rapat umum berlangsung aman, tertib dan tidak ada kegaduhan,” imbuhnya.

Mengenai adanya anggapan Kota Tangsel menjadi daerah rawan, Eka mengaku, dari segi aspek teknis, KPU telah menyiapkan antisipasi. Salah satunya menyiapkan personel yang akan ditugaskan di tempat pemungutan suara (TPS).

Hal lain baik dalam pelipatan surat usara kita juga telah menyiapkan personel, sedangkan untuk pengawas itu zonanya Bawaslu. Kita cuma memenuhi KPPS dan dua orang linmas yang akan ditempatkan di seluruh TPS.

Sementara, Ketua Bawaslu Banten, Didih M Sudi mengatakan, phaknya mengikuti pengelompokan kampanye rapat umum berdasarkan pilpres. Diketahui, Banten masuk dalam zona A, kampanye rapat umum bersama Provinsi Lampung, Jawa Timur, NTB dan beberap daerah lainnya.

Tanggal 24 Maret ini sudah masuk masa kampanye rapat umum untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01. Sistemnya dua hari, jadi 01 apat jatah dua hari, 02 juga dapet dua hari,”pungkasnya. [dhn]

 

Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Putri Bung Karno Ziarah Ke Makam Gus Dur

Putri Bung Karno Ziarah Ke Makam Gus Dur

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 20:31:00

MBS Jampang Gondol Dua Piala

MBS Jampang Gondol Dua Piala

MINGGU, 14 APRIL 2019 , 20:14:00

Antusias Pencoblosan Di Manila

Antusias Pencoblosan Di Manila

MINGGU, 14 APRIL 2019 , 19:18:00

The ads will close in 10 Seconds