Pansus LKPj Temukan Ada Program Pemprov Kembar

Kota Serang  JUM'AT, 05 APRIL 2019 , 18:42:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Pansus LKPj Temukan Ada Program Pemprov Kembar

Foto/Net

RMOLBanten. Panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) Gubernur Banten tahun anggaran 2018 menemukan banyakanya program OPD Banten yang tidak terukur.

Selain itu, masih terdapat kegiatan bersifat sosialisasi, ada juga program yang sejenis disejumlah dinas.
    
Ketua Pansus LKPj Gubernur Banten tahun 2018, Upyadi Mouslekh menyebutkan sebagian besar program kegiatan di OPD pemprov masih berkutat pada kegiatan program-program tak menyentuh pada masyarakat. Sehingga hasil capaianya tidak ada sama sekali.
 
"Setelah kami tanyakan kegiatan per kegiatan program tahun 2018 itu kepada OPD ternyata program mereka kebanyakan sosialisasi. Padahal nomenklatur tidak seperti itu," katanya usai rapat pansus, Jumat (5/4).
 
Upyadi menjelaskan, pada nomenklatur OPD disebutkan adalah peningkatan mutu, namun setelah diurai hanya sebatas kegiatan.

"Yang lucu lagi ada kegiatan di salah satu OPD, disitu disebutkan harmonisasi program pemerintah dengan para pengusaha. Tapi pada kenyataannya hanya sebatas kumpul-kumpul dan rapat. Ini kan aneh  uang APBD kok dibuat seperti itu  dihambur-hamburkan. Tidak jelas capaianya," paparnya.
  
Sedangkan progam kegiatan yang sama atau kembar adalah program pengembangan Talas Beneng. "Ada dua OPD programnya sama soal Talas Beneng, tapi saya sendiri sampai sekarang belum tahu Talas Beneng itu seperti apa, dan akan diapakan Beneng itu oleh pemprov.

Kalau mau dijadikan panganan pengganti karbohidrat. Dimana lokasi kawasan pengembangannya. Jadi belum jelas," ungkapnya.
  
Karena itu, Pansus LKPj meminta kepada Bappeda sebagai OPD perencana untuk meningkatkan dan melakukan pembenahan menyeluruh.

"Kesimpulanya, program pemprov dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak singkron dan enggak nyambung," tambahnya.
 
Senada diungkapkan  oleh Anggota Pansus LKPj,  Abdul Roji. Menurut dia, Bappeda harus memiliki perencanaan yang matang, sehingga kegiatanya sampai dan bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Secara detail nanti akan kami sampaikan kepada gubernur rekomendasi hasil Pansus LKPj ini besok," ungkap Oji (biasa Abdul Roji dipanggil).
  
Terpisah, Kepala Bappeda Banten, Muhtarom mengaku belum bisa memberikan penjelasan terkait Pansus LKPj.

"Saya belum tahu. Karena besok baru akan disampaikan rekomendasinya dalam rapat paripurna. Kita lihat dulu nanti seperti apa rekomendasinya," ujar Muhtarom. [dhn]
    


Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds