Bapenda Tingkatkan Pelayanan Pajak UPT Samsat Malingping

Daerah  JUM'AT, 12 APRIL 2019 , 20:08:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Bapenda Tingkatkan Pelayanan Pajak UPT Samsat Malingping

Foto/RUS

RMOLBanten. Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat di Banten Selatan melalui UPT Samsat Malingping saat ini belum optimal karena belum bisa melayani seluruh jenis pembayaran pajak.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten akan segera meningkatkan performa pelayanan di UPT Samsat itu.

Kepala Bidang Pendapatan Bapenda Banten Abadi Wuryanto mengatakan selama ini pelayanan pajak kendaraan seperti ganti plan nomor, pajak kendaraan baru bagi masyarakat wilayah Kecamatan Malingping, Bayah dan delapan kecamatan lainnya di wiayah Banten Selatan, harus mengurus di Samsat Rangkasbitung yang jaraknya cukup jauh.

Namun kedepannya, pihaknya akan memberikan layanan penuh pengurusan pajak dan surat-surat kendaraan baru, mutasi, ganti nomor lima tahunan dan lainnya di Samsat Malingping.

"Nanti kedepan makin meningkat dan di sini bisa mandiri, lima tahunan bisa di sini, kendaraan baru bisa di sini. Cek fisik sudah ada. Tinggal personelnya saja yang belum ada, tapi sudah kita usulkan," ujar Abadi usai saat penyuluhan dan sosialisasi pajak daerah yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Badan Pendapatan Daerah Malingping, Jumat (12/4).

Abadi menjelaskan, sarana prasarana sudah disiapkan secara penuh di UPT Malingping tersebut, hanya saja masih kekurangan SDM atau personel baik dari Bapenda maupun personel dari kepolisian untuk pelayanan pengurusan dan pembayaran pajak kendaraan tersebut.

"Ini sudah Samsat definitif. Bahkan nanti tahun depan segera dibangun gedungnya yang memadai. Lahannya sudah disiapkan," ungkapnya.

Peningkatan pelayanan, kata Abadisangat penting dalam upaya mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, melalui aparat desa, babinkamtibmas serta unsur masyarakat lainnya mengenai pentingnya membayar pajak untuk pembangunan daerah.

"Kita menikmati jalan bagus, bangunan sekolah dan lainnya itu dari hasil pajak yang dibayarkan masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran bersama untuk membayar pajak," terangnya.

Target pendapatan daerah Pemprov Banten dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) Tahun 2019 sebesar Rp 5,4 triliun.

Kepala UPTD Badan Pendapatan Daerah Malingping, Samad mengatakan, UPT Samsat Malingping pada Tahun 2019 diberikan target pendapatan dari sektor pajak sebesar Rp 46 miliar.

Sebelumnya pada tahun 2018 capaian target pendapatan di UPT Samsat Malingping mencapai Rp 36 miliar.

"Potensinya cukup bagus karena seiring dengan perkembangan daerah dan kemajuan ekonomi masyarakat. Untuk itu di kami perlu peningkatan pelayanan," kata Samad.

Ia mengatakan selama pelayanan pajak yang diberikan kepada masyarakat baru daftar ulang. Sedangkan untuk mutasi masuk, rubah bentuk, ganti kaleng dan BBN 2, masyarakat harus mengurusnya di Samsat Rangkasbitung.

"Kendalanya memang di SDM. Pegawai kami ada 20 dan hanya lima orang yang PNS. Idelanya harus nambah pegawai sekitar 12 orang karena ada 10 kecamatan yang harus dilayani," pungkasnya. [dhn]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds