Peselancar Yuko Selamatkan Banten Di Kejuaraan Surfing

Olahraga  SENIN, 15 APRIL 2019 , 00:36:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Peselancar Yuko Selamatkan Banten Di Kejuaraan Surfing

Foto/Rizki

RMOLBanten. Atlet Selancar Ombak Putri dari Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Yuko Anabela (21) berhasil naik  podium dan meraih piala pada kompetisi surfing nasional di Parangtritis Yogyakarta.

Yuko juga merupakan satu-satunya atlet yang bisa naik podium dan meraih piala.
Meski kalah dari atlet Provinsi Bali dan warga Negara asing (bule), namun hal itu menjadi prestasi dan pengalaman tersendiri untuk kedepannya.

Dalam ajang Parangtrititis National  Surfing Competition 2019 yang diikuti 80 peserta dari  berbagai daerah di Indonesia, Yuko Anabela berhasil mendapatkan posisi keempat setelah Dea, Mae (Bali) dan Salini (Pacitan).

Sementara empat atlet Selancar putra Gobay, Jaseng, Yanto dan Ali,  harus menerima nasib tak masuk final. Keempatnya meski berjaya diawal, namun babak berikutnya tak mendapatkan ombak terbaiknya.

Bukan prestasi yang mudah bagi Yuko meski dia peringkat keempat. Karena kondisi di Parangtritis selain ombak yang tak stabil, juga arus yang sangat kuat. Sehingga memerlukan power atau tenaga ekstra.

Hal itu  terlihat sejak hari pertama pertandingan, Kamis (11/4). Banyak peselancar baik open division dan women division yang gagal mendapatkan ombak terbaiknya, serta terbawa arus  yang sangat kuat. Bahkan tak sedikit peserta yang dijagokan tumbang di round kedua.

Usai menerima piala, Yuko Anabela mengungkapkan, piala tersebut sangat berarti di tengah gagalnya peselancar pria bisa naik podium.

Dia juga mengakui, bahwa kompetisi di parangtritis tersebut sangat menguras energi. Beruntung di akhir pertandingan dirinya mendapatkan ombak meski tak sebagus yang diharapkannya.

"Alhamdulilah saya bisa naik podium. Saya akui beruntung bisa dapat point," kata ibu  satu anak ini, Minggu (14/4).

Pendamping atlet Selancar Banten Leo Surf mengatakan, meski tak mendapatkan hasil maksimal namun  banyak pelajaran yang diambil dari event Nasional tersebut.

"Kami bersyukur masih bisa mendapatkan piala. Dan banyak pelajaran dari kejuaraan tersebut. Tentunya kita akan melakukan evaluasi  guna  memperoleh hasil yang maksimal jika mengikuti kejuaraan surfing di tempat lainnya," tegas Leo.

Sementara, bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan kegembiraannya mengetahui salah satu atlet dari Serang, Banten bisa meraih podium.

"Ibu senang dengan perolehan tersebut, ini menunjukan atlet kita masih bisa mengukir prestasi, " kata Tatu.

Tatu juga mengatakan, keikutsertaan para atlet tersebut selain untuk menambah jam terbang, juga sebagai persiapan jika Kabupaten Serang menjadi tuan rumah kejuaraan surfing tingkat Nasional. [dhn]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds