Bawaslu: Kesadaran Peserta Pemilu Di Banten Minim

Daerah  SENIN, 15 APRIL 2019 , 17:05:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Bawaslu: Kesadaran Peserta Pemilu Di Banten Minim

Ilustrasi pembersihan APK/Net

RMOLBanten. Hari kedua masa tenang (Senin, 15/4), masih banyak alat peraga kampange (APK)  di jalan serta pohon. Peserta Pemilu 2019 dinilai tidak paham dan memiliki kesadaran minim.  
 
Bawaslu dan Satpol PP kabupaten/kota dan provinsi mengaku kewalahan menertibkan APK tersebut karena alasan jumlah APK terlalu banyak, sementara personel Satpol PP dan petugas Bawaslu jumlahnya minim.
 
Anggota Bawaslu Banten, Nuryati Solapari sampai dengan hari kedua masa tenang pihaknya masih belum menurunkan APK Capres-Cawapres nomor urut 01 dan 02 dan calon legislatif (Caleg). Padahal tanggungjawab  penurunan APK adalah peserta Pemilu 2019.
 
"Masih banyak APK yang sampai sekarang belum berhasil kami turunkan. Apalagi spanduk dan baligho dengan ukuran besar. Kami sangat kesulitan. Dan saya rasa kesadaran dari peserta Pemilu sepertinya kurang semangat menurunkan spanduk dan balighonya. Mereka hanya semangat memasangnya saja," katanya.
 
Padahal lanjut Nuryati pihaknya telah mengingatkan  kepada seluruh Peserta Pemilu 2019 bersama dengan tim suksesnya agar melakukan penurunan APK sebelum masa tenang.

"Kami sudah ingatkan melalui surat dan mengimbau agar pada masa tenang Pemilu ini sudah tidak ada lagi APK terpasang. Tapi sepertinya imbauan kami tidak diindahkan. Maka kami di Bawaslu akhirnya melakukan penurunan APK dibantu dengan petugas Satpol PP," imbhhnya.
   
Ditempat yang sama, Kepala Satpol PP Banten, M Basri mengakui seluruh peserta masih sangat rendah dalam menurunkan APK nya.

"Semuanya kurang sadar," katanya.
 
Ketua Bawaslu Banten, Didih M Sudi mengungkapkan, pihaknya masih terus melakukan penurunan APK Pemilu 2019, meskipun sesungguhnya hal tersebut merupakan tanggaungjawab peserta Pemilu.

"Kita terus upayakan penertiban APK. Mudah-mudahan sampai dengan besok, semua APK yang dapat memicu konflik pada saat pencoblosan tanggal 17 April mendatang dapat kita tuntaskan," harapnya.[dhn]


Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds