Bawaslu Temukan Dugaan Praktek Money Politic Di Lengkong Wetan

Daerah  KAMIS, 18 APRIL 2019 , 00:05:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Bawaslu Temukan Dugaan Praktek Money Politic Di Lengkong Wetan

Muhammad Acep/Net

RMOLBanten. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tangsel mendapat temuan dugaan praktik money politic di wilayah Lengkong Wetan, Tangsel dari salah seorang calon legislatif.

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhammad Acep menjelaskan, praktik money politic tersebut dilakukan kepada warga sebelum mencoblos.

"Ini bukan laporan, tapi temuan masyarakat terkait adanya bagi-bagi uang ketika orang mau mencoblos," ujar Acep di kantornya, Rabu (17/4) malam.

"Informasi dari masyarakat bahwa ada pembagian C 6 yang diiringi dengan uang, yang ada kartu namanya. Kemudian kita coba datang dan ada orang tersebut yang menyerahkan buktinya," lanjutnya.

Acep mengatakan, tim Bawaslu Tangsel pada Selasa (16/4) malam hingga Rabu (17/4) pagi, sudah melakukan razia guna menghindari adanya serangan fajar.

"Karena malam itu kan kita melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) tapi enggak dapat. Mungkin sudah tahu dari malam sampai subuh ada OTT. Jadi mungkin dilakukannya pagi," ucapnya.

Dari hasil temuan tersebut Bawaslu Tangsel berhasil mengamankan uang total sebesar Rp 200 ribu beserta kartu nama dari empat amplop yang ingin diserahkan.

Lanjutnya, Bawaslu Tangsel akan melakukan investigasi terlebih dahulu, baik kepada caleg tersebut maupun ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terkait.

Jika terbukti, caleg tersebut terancam pidana penjara 3 tahun dan denda Rp 48 juta sesuai dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017

"Sanksi yang bisa diberikan ketika memberikan money politic saat pencoblosan. Dan, jika terbukti dia juga terancam didiskualifikasi dari pencalegannya," tandasnya. [dhn]

Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds