DKPP: KPU Dan Bawaslu Jangan Coba Main-main Dalam Rekapitulasi Suara

Politik  SABTU, 20 APRIL 2019 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: IDHAM ADHARI

DKPP: KPU Dan Bawaslu Jangan Coba Main-main Dalam Rekapitulasi Suara

Sidang DKPP/Net

RMOLBanten. Dalam melakukan rekapitulasi surat suara Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengingatkan penyelenggara pemilu agar tidak bermain.

Pernyataan tegas itu disampaikan Anggota DKPP Alfitra Salam di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

"Kami dari Dewan Kehormatan Pemilu tentunya, selalu mengingatkan jangan coba main-main, khususnya bagi penyelenggara pemilu agar tidak ada pelanggaran kode etik," kataya.

Terutama di saat penghitungan alias rekapitulasi suara manual, sambung Alfirta, KPU dan Bawaslu agar bersikap bijak dan netral .

Kami ingatkan kepada seluruh penyelenggara khususnya KPU RI, Bawaslu juga jangan coba main-main dalam rekapitulasi dan penghitungan real count ini," sambungnya.

DKPP kata Alfitra siap menindaklanjuti jika pelanggaran itu dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umun (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun dari pihak lainnya. Terlebih, DKPPa baru saja menindaklanjuti laporan yang terjadi di Malaysia.

"Kami dari DKPP siap menindaklanjuti kalau ada tindakan pelanggaran, kami segara melakukan proses praperadilan. Sekarang baru satu masuk dari Malaysia, segera akan kami lakukan praperadilan," ujarnya.

Dengan adanya hal itu, ia ingin agar Bawaslu dan KPU tetap bekerja sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) dan tak keluar dari jalurnya.

"Kami dari DKPP 24 jam siap menerima laporan di Jalan Thamrin, tentunya kami akan menindaklanjuti kami berharap KPU, Bawaslu masih dalam track record dan bekerja sesuai sebenaranya," pungkasnya. [dhn] 

Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds