Pemkab Serang Sosialisasikan Beasiswa Perguruan Tinggi

Pendidikan  RABU, 15 MEI 2019 , 00:34:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Pemkab Serang Sosialisasikan Beasiswa Perguruan Tinggi

Foto: Dok. Amrin

RMOLBanten. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengundang putra-putra terbaik yang secara ekonomi kurang mampu untuk mengikuti seleksi calon penerima beasiswa perguruan tinggi.

Proses seleksi dimulai dari sekolah menengah atas (SMA), kemudian dilanjutkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang.

Sosialisasi beasiswa tersebut sudah dilaksanakan terhadap perwakilan SMA se-Kabupaten Serang di SMA Negeri 1 Ciruas, Senin (13/5).

 Beasiswa berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang untuk calon mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, kepada masyarakat yang ingin mendapatkan beasiswa harus terseleksi terlebih dahulu di tingkat SMA agar terpilih calon mahasiswa yang benar-benar membutuhkan secara ekonomi dan terbukti berprestasi.

Asep mengungkapkan, untuk jurusan beasiswa D-3 UI diperuntukkan program studi akuntansi, administrasi perkantoran, perpajakan, visioterapi, kerumahsakitan, okupasi terapi, serta manajemen informasi dan dokumen. Sedangkan untuk vokasi Untirta D-1 yaitu program studi teknik kimia. Kemudian ilmu administrasi di STIA LAN.

Kuota beasiswa kedokteran Untirta sebanyak lima orang, vokasi UI D-3 sebanyak tujuh orang, dan untuk vokasi Untirta D-1 sebanyak 30 orang, dan akan ditambah mejadi 60 orang. Untuk beasiswa di UI, termasuk biaya pendidikan dan biaya hidup termasuk sewa indekos.

Untuk vokasi Untirta, kita tanggung biaya pendidikannya. Untuk STIA LAN kuotanya ada puluhan,” paparnya.

Kata Asep, Dindikbud Kabupaten Serang memberikan kesempatan kepada sekolah paling lambat 15 Mei 2019 untuk menyerahkan siswa yang akan mengikuti seleksi. Untuk pendaftaran akan mengikuti jadwal di masing-masing perguruan tinggi.

Total anggaran yang disiapkan Pemkab Serang untuk beasiswa vokasi tersebut kurang lebih Rp650 juta yang terdiri dari vokasi UI sebesar Rp300 juta dan vokasi Untirta Rp350 juta. Anggaran itu belum masuk untuk beasiswa kedokteran Untirta.

Kemudian kami membebaskan biaya pendaftaran untuk 100 orang yang memenuhi kriteria yang ingin masuk ke UI. Semua jalur mandiri,” tuturnya.

Kepala SMA Negeri 1 Ciruas Mohamad Najih menyambut baik beasiswa perguruan tinggi dari Pemkab Serang tersebut. Kata dia, selama ini banyak lulusan SMA asal Kabupaten Serang kesulitan melanjutkan kuliah karena terhambat biaya.

Kami rencananya akan mendaftarkan 10 orang siswa. Ini program yang sangat bagus,” ujarnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Senyum Usai PKB

Senyum Usai PKB

KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:22:00

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

Pemilu Ulang Di Jakarta Sepi

SABTU, 27 APRIL 2019 , 17:29:00

Kemenangan Indonesia

Kemenangan Indonesia

SABTU, 20 APRIL 2019 , 00:27:00

The ads will close in 10 Seconds