Liburan Lebaran, Balawista Banten Terjunkan Ratusan Anggota

Pariwisata & Budaya  JUM'AT, 24 MEI 2019 , 20:10:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Liburan Lebaran, Balawista Banten Terjunkan Ratusan Anggota

Balawista Banten/Net

RMOLBanten. Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten menerjunkan 104 anggota untuk membantu keselamatan di lokasi wisata tirta selama libur Lebaran 1440 Hijriah.

Tim tersebut disebar ke 19 posko lokasi wisata Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang dan Kota Cilegon.

Ketua Balawista Banten Ade Ervin menjelaskan fokus penerjunan anggota terdiri dari Kabupaten Serang di Cinangka-Anyar, Pandeglang di Carita-Sumur, Lebak di Bagedur-Sawarna dan Kota Cilegon salah satunya di Pesona Water Park.

Silahkan bagi wisatawan belibur ke kawasan wisata di Banten, kebetulan jaga wisata balawista tahun ini mempunyai hastag Ayo Ke Banten Wisata Aman Bersama Keluarga,” ujar Ade, Jumat (24/5).

Artinya balawista bersama tim yang ada kita sudah siap menyambut wisatawan yang berlibur ke Banten melalui sektor keamanan dan keselamatan,” tambahnya.

Kata Ade, Balawista bersama instansi terkait seperti Polda Banten dan Dinas Pariwisata sudah melakukan koordinasi terkait penyelamatan wisatawan pada libur Lebaran.

Kita siap dengan kondisi yang ada. Bagi masyarakat tentunya harap bersiap menertibkan kawasan yang mungkin tidak bagus kumuh ya dibersihkan lagi, supaya wisatawan yang datang ke Banten nyaman lagi,” ujarnya.

Terkait lokasi wisata tersapu tsunami selat sunda, ia mengatakan, sampai kemarin keadaan sudah cukup membaik.

Sebetulnya sama saja si yang bekas tsunami, maupun yang tidak terkena tsunami. Artinya cuma perbedaan adalah di fisik yang kemarin sempat rusak bekas tsunami, sekarang mungkin ada yang diperbaiki ada yang belum. Tapi kita evaluasi 85 persen kawasan wisata di Banten sudah bisa kunjungi kembali,” ujarnya.

Balawista bersama instansi lain sudah bergabung membentuk siaga wisata, di dalamnya ada BMKG, pengamat pos krakatau, pol air termasuk Basarnas.

Sudah tergabung untuk membuat jaring komunikasi dan koordinasi. Kita sudah membentuk sinergitas dengan mitra kerja, semuanya sudah berkoordinasi. Kalau kami rasa sudah cukup baik,” katanya.

Namun demikian, ia sendiri masih ragu kunjungan wisatawan ke Banten akan meningkat dari tahun sebelumnya.

Jadi dengan kondisi demikian artinya kita bisa menjamin kalau dari keselamatan kita bisa yakinkan. Tapi kalau misalkan khawatir ada bencana atau tidak, ya namanya alam tidak bisa kita prediksi, tapi bisa kita hindari,” ujarnya.

Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam menuturkan, saat ini Hotel di Anyer sampai Tanjung Lesung sudah dalam kondisi baik dan siap menerima wisatawan untuk libur Lebaran 1440 Hijriah.

Hotel anggota PHRI juga memberikan potongan dan meningkatkan fasilitas guna melayani wisatawan pada libur lebaran.

Harga kamar memberikan discount dengan penambahan fasilitas, service, peningkatan kebersihan, menyenangkan wisatawan dan aman serta pengaturan lalu lintas dan jalan mulus di kordinasikan pengawasan dari PU pemda sebelum menjelang H-3,” pungkasnya. [ars]





Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds