Bang Yos: Kok Agak Enggak Masuk Logika, Soenarko Diduga Makar

Hukum  MINGGU, 16 JUNI 2019 , 07:36:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bang Yos: Kok Agak Enggak Masuk Logika, Soenarko Diduga Makar

etjen (Purn) Sutioyoso/Net

RMOLBanten. Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Sutioyoso menyebut dugaan makar yang disematkan kepada Eks Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko dinilai tidak masuk logika.

Begitu kata mantan gubernur Jakarta Sutiyoso saat menjadi bintang tamu program E-Talkshow TVOne, Jumat (14/6) kemarin.

Eks Pangdam Jaya ini meminta pihak Kepolisian untuk membuka secara adil kasus tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyu Muryadi selaku pemandu acara meminta tanggapan pria yang akrab disapa Bang Yos itu mengenai kasus yang menimpa Soenarko.

Bang Yos biasa disapa mengaku mengenal sosok Soenarko.

Pasalnya, ia dan Soenarko dan sejumlah tokoh lain seperti Prabowo Subianto dan Luhut Binsar Panjaitan sama-sama bagian dari unit militer, Kopassus.

"Saya kenal karena itu anak buah saya dulu, kita sama sama baret merah masa ngga kenal. Waktu saya komandan di sana, Soenarko letnan pangkatnya," ujar Bang Yos.

Personel Kopassus dari angkatan ke angkatan, kata Bang Yos saling mengenal, bahkan akrab secara emosional. Hal itu karena Kopassus adalah unit kecil, sehingga antar anggota sering bertemu.

"Kembali ke Soenarko tadi, agak enggak masuk logika gitu dia menyelundupkan senjata," tegas Bang Yos.

Bang Yos menilai, sangat wajar bagi Soenarko yang seorang komandan kemudian memiliki senjata rampasan dari Aceh untuk koleksi.

"Tetapi kalau dia menggunakan untuk sesuatu yang katakan mengarah ke makar itu kok ... Ya saya kenal manusia-manusia itu ,pasukan kita sudah dilatih dengan komitmennya sangat tinggi terhadap negeri ini gitu lho. Masa melakukan hal seperti itu," imbuhnya.

Bang Yos mengaku sempat melihat rekaman video Soenarko yang disangkakan mengarah kepada rencana makar.
Hanya saja, Bang Yos menilai hal itu diucapkan Soenarko dengan nada halus. Ia juga mempertanyakan apakah pernyataan dalam video itu sudah bisa disebut makar seperti dalam undang-undang atau belum

"Itu kalau dalam undang-undang apakah itu sudah nyangkut ke makar yang seperti itu? Kita yang fair saja lah, yang jelas saja," tandasnya.

Wahyu Muryadi kemudian menanyakan pendapat Bang Yos apakah pernyataan Soenarko dalam rekaman itu sudah bisa dikatakan sebagai makar atau belum.  

"Ya kalau hanya begitu ya menurut saya tidak sih, wong itu kan aspirasi," jawab Bang Yos.

Dirinya sepakat siapapun yang terbukti bersalah harus dihukum sebagaimana mestinya. Namun ia mewanti-wanti jangan sampai ada unsur mencari-cari kesalahan dalam prosesnya.

"Nanti kan masih ada pengadilan dan pemeriksaan, Soenarko juga diberi hak untuk memberikan penjelasan, bukan sepihak," tegas Bang Yos.

"Saya setuju siapapun yang bersalah harus dihukum, tetapi jangan dicari-cari. Yang fair saja, salahnya ini dan seterusnya," pungkasnya. [dzk] 

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds