Rotasi Pejabat Pemprov Banten Ditolak Komisi ASN

Daerah  SENIN, 17 JUNI 2019 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Rotasi Pejabat Pemprov Banten Ditolak Komisi ASN

ASN Banten/Dok

RMOLBanten. Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) menegaskan rencana Pemprov Banten melakukan rotasi atau perpindahan posisi sejumlah pejabat eselon II dianggap tidak sesuai dengan persyaratan (TMS).
 
Informasi dihimpun, sejak Maret lalu, Pemprov melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengusulkan rotasi 3 pejabat eselon II ke Komisi ASN. Namun usulan tersebut dianggap kurang memenuhi syarat.
 
Ketiga jabatan yang akan diisi melalui rotasi tersebut adalah Asisten Daerah (Asda) I yang saat ini Jabat oleh Samsir yang juga Asda III. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang saat ini dijabat oleh Kepala Inspektur, E Kusmayadi serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, yang saat ini dijabat oleh Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Enong Suhaeti.
 
Saat ini ketiga posisi itu ditunjuk oleh Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) hanya sebagai Pelaksana tugas (Plt). Jabatan tersebut tidak ada batasnya, sampai dengan adanya pejabat devinitif.
  
Komisi ASN sendiri mengembalikan usulan berupa permohonan rekomendasi, lantaran Pemprov Banten hanya menyampaikan satu nama saja dari masing-masing jabatan. Sementara sesuai dengan ketentuan, minimal harus tiga nama.
 
Kepala BKD Banten, Komarudin ditemui diruang kerjanya, Senin (17/6) membenarkan adanya pengembalian dokumen usulan rotasi untuk tiga jabatan di pemprov yang saat ini dijbat oleh Plt.
 
"Iya kita sudah usulkan rotasi pejabat di Komisi ASN, tapi kita diminta untuk melengkapi lagi, karena dianggap belum lengkap," katanya.
 
Ia menjelaskan, Komisi ASN meminta kepada Pemprov Banten agar dari satu jabatan yang diusulkan rotasi itu menyampaikan tiga nama, bukan hanya satu.
 
"Yang kita usulkan hanya satu nama saja disetiap jabatan. Sedangan dari sana (Komisi ASN) meminta tiga nama. Jadi kalau masing-masing jabatan 3 nama, berarti ada sembilan nama pejabat," ungkapnya.
  
Disinggung kapan perbaikan dokumen rotasi 3 pejabat tersebut akan diperbaiki dan dilengkapi sesuai permintaan dari Komisi ASN, Komarudin mengaku belum mengetahui. Alasanya, masih dalam pembahasan ditingkat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).
 
"Belum tahu, kita masih perlu dirapatkan lagi bersama dengan pimpinan, karena ada kemungkinan juga akan dilakukan lelang jabatan (open bidding) saja," tambahnya.
 
Sedangkan untuk satu nama di masing-masing 3 jabatan eselon II yang diusulkan ke Komisi ASN agar dilantik masih menjadi rahasia. "Kalau nama yang kemarin kita sampaikan ke Komisi ASN, kita tidak bisa buka (sampaikan). Nanti saja setelah ada kelanjutan pembahasan dengan pimpinan dan sudah pasti," tambahnya.
 
Terpisah, Sekda Banten Al Muktabar saat diminta tanggapanya mengenai sejumlah nama pejabat yang diusulkan rotasi ke Komisi ASN belum mengetahui secara detail.
 
"Saya belum tahu persisnya, nanti kita akan rapatkan lagi," katanya singkat. [ars]

 

Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds