Tim Diabetic Centre RSU Kota Tangsel Diapresiasi Pasien Diabetes Melitus

Kesehatan  SELASA, 18 JUNI 2019 , 08:36:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Tim Diabetic Centre RSU Kota Tangsel Diapresiasi Pasien Diabetes Melitus

Pasien DM RSU Tangsel/Dok

RMOLBanten. RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membentuk Tim Diabetic Centre untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien diabetes melitus (DM).

Tim tersebut mendapatkan apresiasi dari pasien DM RSU di kota tersebut.  

"Bagus, pegawainya ramah-ramah. Kita jadi makin gampang konsultasinya, kata salah satu pasien Diabetic Centre RSU Kota Tangsel, JN.

Diketahui, RSU Kota Tangsel sudah mengobati ratusan pasien Diabetes semenjak dibukanya Pelayanan Poliklinik Diabetic Centre pada 2017 silam. Di sepanjang tahun ini, pelayanan poliklinik ini yang dikenal dengan sebutan Poli DM sudah dikunjungi 322 pasien.

Pelayanan poliklinik Diabetic Center ini buka setiap Senin sampai Jumat. Adapun untuk jadwal pendaftarannya Senin hingga Kamis mulai dari pukul 6.30 sampai 11.00. Khusus untuk Jumat mulai pukul 6.30 sampai 10.00

Salah satu pelayanan poliklinik yang ditangani oleh dr. Sintha dan dr. Retno ini gencar memberikan edukasi kepada masyarakat Tangsel. Khususnya, pasien DM. Soalnya, jumlah penderita DM di Tangsel semakin meningkat. Edukasi-edukasi ini diberikan melalui seminar kesehatan yang rutin dilakukan satu bulan sekali di aula lantai 5 gedung RSU Tangsel. Salah statu kegiatannya, senam kaki untuk penderita penyakit DM.

Selain edukasi, demi menjaga terlaksananya kegiatan ini. dr. Sintha dan dr. Retno membentuk tim yang terdiri dari dua ahli gizi, satu apoteker, dua fisioterapi dan dua perawat serta dibantu bidang promosi dan kesehatan (Promkes) RSU Kota Tangsel. Tim ini disebut Tim Diabetic Centre RSU Kota Tangsel.

Memberikan edukasi kepada masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus mengerti materi, juga harus mengerti kondisi psikologis masyarakat yang notabene sedang sakit dan menjadi pasien. Sesuai dengan mottonya, yaitu Ramah, Nyaman, Peduli” RSU Kota Tangsel terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. RSU Tangsel menyadari betul bahwa hubungan emosional yang baik antara pasien dengan para tenaga medis adalah hal yang harus selalu dijaga.

Maka dari itu salah satu upayanya adalah dengan membuat group whatsapp seperti yang sudah dilakukan Tim Diabetic Center yang bertujuan untuk memberikan edukasi-edukasi kesehatan kepada pasien DM. Di group whatsapp itu, pasien bisa berkonsultasi dengan Tim Diabetic Center seputar penyakit DM.

Selain itu, seminar kesehatan menjadi kegiatan rutin Tim Diabetic Center. Pelayanan Tim Diabetic Center RSU Tangsel lainnya adalah perawatan luka bagi pasien penderita DM. [adv]

Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds