Sulap Kasemen, Pemkot Sebut Satu Perusahaan Akan Uji Amdal

Kota Serang  RABU, 19 JUNI 2019 , 15:47:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Sulap Kasemen, Pemkot Sebut Satu Perusahaan Akan Uji Amdal

Kecamatan Kasemen/Net

RMOLBanten. Pemerintah Kota Serang serius menjadikan daerah Kasemen menjadi kawasan Industri.

Hal itu dibuktikan dengan adanya perusahaan yang sudah masuk ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan studi analisis mengenai dampak lingkungan hidup (Amdal).

Perusahaan tersebut bernama PT Cahaya Luhur Abadi dengan Direktur Sukirno. Tercatat pembangunan kawasan Industri akan memakan luas lahan 100 Hektare (Ha).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ipiyanto membenarkan bahwa sudah ada satu perusahaan yang masuk untuk melakukan kajian Amdal. Pihaknya tidak akan terburu-buru mengeluarkan rekomendasi.

"Kami tidak akan terburu-buru mengeluarkan rekomendasi, kami juga kekurangan tenaga ahli, bahkan kami akan merekrut tenaga ahli dari luar. Karena kalau sudah keluar rekomendasi inipun akan berat," ujarnya.

Menurut Ipiyanto, untuk jenis industri yang akan berada di Kawasan Kasemen, kemungkinan kalau tidak salah akan dijadikan kawasan industri berat.

"Wacana itu sebetulnya sudah sejak lama, dulu sempat ada gagasan yang datang semacam galangan kapal, rencananya ke arah sana kalau tidak salah, pokoknya industri berat," ujarnya.

Untuk penggunaan lahan yang disiapkan, kata Ipyianto, yakni lahan tidak produktif, namun tidak serta merta seperti itu saja kemungkinan ada yang terdampak.

"Yah namanya juga konsekuensi  pembangunan pasti ada korban,  ada yang dirugikan. Untuk lahan juga kemungkinan mencapai 200 Ha, ada kemungkinan jebol desa," ujarnya.

Diketahui Pemkot Serang berencana akan menyulap kawasan Kasemen sebagai kawasan Industri. Hal itu dilakukan untuk menekan angka pengangguran di Kota berjuluk madani tersebut.

"Wacana tersebut muncul dalam rangka penciptaan lapangan kerja baru guna mengentaskan kemiskinan di kota Serang," kata Walikota Serang Syafrudin.  [ars]


Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds