Airin Gagal Ngacir Ke Amerika Serikat

Kota Tangerang Selatan  SENIN, 24 JUNI 2019 , 20:20:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Airin Gagal Ngacir Ke Amerika Serikat

Airin Rachmi Diany/Kominfo

RMOLBanten.Walikota Tangsel Airin Rachmy Diani gagal kunjungan kerja ke Amerika Serikat lantaran tidak mendapatkan persetujuan dari Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH).   

Sejatinya, pada Selasa, (25/6) Airin sudah berada diacara Council FEO Small Bussines atau Forum UKM (usaha kecil menengah) internasional di negeri Paman Sam. Orang nomor satu di Tangsel tersebut diagendakan menghadiri acara tersebut sampai 28 Juni mendatang.   

Setali tiga uang dengan Airin, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie juga tak mendapatkan restu WH untuk menghadiri undangan Office of the Lord Mayor Brisbane tentang The Asia Pasific Cities Summit and Mayors Forum (2019 APCS).  

Tak hanya Airin dan Benyamin. Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah juga tidak mendapatkan persetujuan dari WH untuk menghadiri Invation to Singapore Technical Deep Dive (TDD) Program on Sustatainbel Urban Planinning and Management di Singapore pada tanggal 17 sampai 21 Juni. 

Dalam permohonan izin perjalanan dinas ke luar negeri (PDLN) yang disampaikan oleh Airin, Benyamin dan Arief kepada WH disampaikan sejak bulan Mei, atau satu bulan sebelum pemberangkatan.  

Isi surat itu kunjungan kerja ke luar negeri. Seluruh biayanya maupun uang saku yang mereka bawa dan pakai didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belana Daerah (APBD) atau uang rakyat.   

Dalam salah satu point permohonan perizinan PDLN yang dikirimkan Pemkot Tangsel dan Tangerang yakni semua kegiatan selama perjalanan bersumber dari APBD. Masing-masing daerah menempelkan logo resmi masing-masing daerahnya.

Informasi dihimpun, Senin (24/6) larangan ketiga pejabat eksekutif untuk bepergian ke luar negeri setelah WH mendapatkan rekomendasi dari Dirjen Otonomi Daerah (Otda) pada Kemendagri, Soni Sumarsono.   

"Sesuai dengan Permendagri Nomor 6 tahun 2016, pada pasal 10 disebutkan, Bupati/Walikota mengajukan permohonan izin Perjalanan Dinas Luar Negeri bagi Bupati, dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dan Pimpinan serta Anggota DPRD Kabupaten/Kota kepada Direktur Jendral Otda melalui Gubernur. Dan Permohonan itu untuk ketiganya ditolak setelah diusulkan Pak WH ke Pak Soni," kata salah sumber pegawai Pemprov Banten yang enggan disebutkan namanya.   

Kepala Biro Pemerintahan Banten, Gunawan Rusminto saat dihubungi melalui Whatsapp Messenger tidak menjelaskan secara detail, apa yang menjadi alasan penolakan permohonan izin kepada Airin, Benyamin maupun Arief untuk pergi ke luar negeri.  

"Tidak ada kepda (kepala daerah) yang mengatur keluar negeri," katanya. [ars]


Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds