Jaring Pemilih Pemula Di Pilkada Tangsel, Bawaslu Akan Buka Posko

Daerah  RABU, 03 JULI 2019 , 01:16:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Jaring Pemilih Pemula Di Pilkada Tangsel, Bawaslu Akan Buka Posko

Muhamad Acep/LAN

RMOLBanten. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 lalu di Tangsel berjumlah 952.846. Akan tetapi dari 952.846 DPT tersebut, masih banyak pemilih pemula berusia 17 tahun yang belum terdaftar

Menyambut Pilkada serentak pada September 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel tak ingin kejadian tersebut terulang kembali.

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep, mengatakan, pihaknya akan membuka posko dipusat keramaian seperti mall dan juga disekolah.

"Kami telah mempersiapkan untuk Pilkada Tangsel 2020 nanti. Terdekat, kami akan fokus persoalan DPT, khususnya pemilih pemula yang baru saja lulus sekolah. Akan kita dirikan posko-posko pengaduan di mall dan sekolah. Jadi di posko ini nanti mereka yang merasa belum terdaftar sebagai pemilih bisa datang ke posko tersebut,” ujar Acep, Selasa (2/7).

Bahkan, nantinya Bawaslu Tangsel akan menggunakan sistem jemput bola untuk mensosialisasikan Pilkada 2020 kepada pemilih pemula.

Mereka ini kan pasti banyak yang tidak tahu akan adanya Pilkada, maka kami yang harus berperan aktif mendata mereka, mendatangi mereka dan memasukan mereka sebagai daftar pemilih jika memang belum terdaftar,” paparnya.

Rencananya, Bawaslu Tangsel akan mulai menggelar sosialisasi mengenai Pilkada 2020 pada akhir tahun ini. Dengan adanya sosialisasi ini, dirinya berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam Pilkada Tangsel 2020.

Kalau untuk pendidikan politik dan sosialisasi, mungkin pada September atau Oktober nanti akan kita mulai. Dari sosislaisi yang kami lakuka tentunya tetap pada fungsi kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif melakukan pengawasan di Pilkada 2020. Karena jelas slogan kita yaitu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu,” beber Acep. [ars]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds