Lapis Legit

Opini  SENIN, 08 JULI 2019 , 09:32:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Lapis Legit

Lapis legit: Net

KETIKA membaca berita Strait Times bahwa dalam rangka menyambut Hari Raya Nasional Singapura 9 Agustus 2019, CNN menetapkan Pandan Cake alias kueh pandan sebagai kueh nasional Singapura saya mengalami dampak perasaan ganda. Kagum dan iri.

Kagum

Di satu sisi saya merasa kagum atas kepekaan semangat kebanggaan nasional media massa Singapura dalam memberitakan hal-hal yang menggelorakan. Semangat kebanggaan nasional Singapura yang dalam kuantitas perbendaharan warisan kebudayaan nasional sebenarnya tidak lebih unggul ketimbang perbendahaaran warisan kebudayaan nasional Indonesia.

Media massa Singapura sangat sigap dan tangkas memberitakan berita-berita bagus selaras mashab Good News Is Good News yang tampaknya cukup dominan pada semangat industri jurnalistik mau selera masyarakat Singapura.

Padahal, pada hakikatnya kebebasan pers Indonesia jauh lebih bebas merdeka ketimbang kebebasan pers Singapura yang lebih dikendalikan oleh penguasa Singapura.

Iri

Di sisi lain, saya merasa iri atas kepekaan semangat Kebanggaan Nasional media-massa Singapura dalam memberitakan hal-hal yang menggelorakan semangat kebanggaan nasional Singapura yang dalam perbendaharaan warisan kebudayaan termasuk kebudayaan upaboga tidak lebih unggul ketimbang perbendaharaan warisan kebudayaan nasional Indonesia.

Ternyata di samping menetapkan kue pandan sebagai kue nasional Singapura sebenarnya CNN juga menetapkan lapis legit sebagai kueh nasional Indonesia.

Namun sementara pemberitaan Strait Times berhasil merangsek masuk ke perhatian masyarakat Indonesia yang menggemari pemberitaan media asing maka pemberitaan media massa Indonesia tidak berhasil menyelinap masuk ke perhatian masyarakat Singapura yang lebih menggemari pers mereka sendiri ketimbang pers asing. Apalagi industri jurnalistik mau pun medsos Indonesia lebih menggemari selera Bad News Is Good News!

Kebanggaan Nasional

Maka melalui naskah sederhana yang dimuat Kantor Berita RMOL dan beberapa kantor berita Indonesia lain-lainnya ini, saya mencoba menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional bangsa Indonesia dengan memberitakan bahwa dalam rangka menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2019, CNN telah memproklamasikan lapis legit sebagai kueh nasional Indonesia yang dalam harkat dan martabat kebudayaan berdiri-sama-tinggi-duduk-sama-tinggi dengan kueh nasional negara mana pun di planet bumi.

Bahkan menurut keyakinan selera saya pribadi sebagai warga Indonesia yang bangga atas mahakarya kebudayaan bangsa saya sendiri, tanpa pengakuan CNN pun memang lapis legit merupakan mahakarya upaboga paling lezat tiada tara di planet bumi ini! I LOVE INDONESIA! MERDEKA!![**]

Penulis mendirikan MURI demi menggelorakan Semangat Kebanggaan Nasional bangsa Indonesia



Komentar Pembaca
RIP Mas Arswendo (1948-2019)

RIP Mas Arswendo (1948-2019)

SABTU, 20 JULI 2019

Yusuf Bin Najmuddin Al-Ayyubi

Yusuf Bin Najmuddin Al-Ayyubi

JUM'AT, 19 JULI 2019

Blackfly

Blackfly

KAMIS, 18 JULI 2019

Memahami Visi Indonesia, PR Untuk Presiden Jokowi 2019-2024
Keanekaragaman Pendapat

Keanekaragaman Pendapat

MINGGU, 14 JULI 2019

Hope Dan Puing

Hope Dan Puing

SABTU, 13 JULI 2019

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds