Belum Serahkan LHKPN, Pelantikan Caleg Terpilih Terancam Tertunda

Politik  SELASA, 09 JULI 2019 , 21:08:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Belum Serahkan LHKPN, Pelantikan Caleg Terpilih Terancam Tertunda

Ilustrasi/NET

RMOLBanten. Sebanyak 18 orang Calon legislatif (caleg) terpilih di pileg 2019 di DPRD Banten periode 2019-2024 belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelengara negara (LHKPN) KPK ke KPU.
 
Jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan belum juga menyerahkan pelantikannya akan tertunda. Pasalnya, sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU, caleg terpilih harus menyerahkan bukti laporan LHKPN KPK ke KPU‎.

Ketiga parpol tersebut dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Nasional Demokrasi (Nasdem) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura). Diketahui, hasil pleno KPU Banten, Caleg terpilih Pemilu 2019 PDI P mendapatkan 13 kursi, Nasdem memperoleh 4 kursi dan Hanura hanya satu.
 
Sementara sembilan parpol lainnya yang calegnya duduk di DPRD Banten sudah menyampaikan LHKPN KPK ke KPU yakni, PKB dengan tujuh caleg terpilih, Gerindra dengan 16 caleg, Golkar dengan 11 caleg, PKS dengan 11 caleg, PPP lima calegnya dinyatakan lengkap berkasnya oleh KPU. PSI dengan satu orang caleg, Demokrat dengan sembilan caleg, PAN dengan enam caleg, Berkarya dengan satu orang.

Anggota KPU Banten, Masudi mengatakan, dari 12 parpol yang calegnya terpilih sebagai Anggota DPRD Banten belum semuanya menyampaikan bukti pelaporan LHKPN KPK. Jika caleg terpilih belum menyerahkan LHKPN hingga batas waktu yang telah ditentukan KPU akan disanksi.

Kita kasih waktu satu minggu setelah penetapan. Kalau caleg yang bersangkutan tidak menyerahkan LHKPN sampai batas waktu, caleg itu tetap kita tetapkan, tapi nggak diusulkan untuk dilantik. Kemungkinan dilantiknya nyusul, bisa jadi sendiri,” katanya.

Menurutnya, KPU Banten belum bisa melakukan pleno penetapan caleg terpilih. Hal itu dikarenakan masih ada proses sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg di Mahkamaha Konstitusi (MK).

MK ini kan sidang sebulan, paling telat akhir Juli selesai. Tapi itu juga belum bisa kita plenokan karena masih menunggu administrasi dari MK. Baru setelah itu bisa kta tetapkan, kemungkinan di awal atau pertengahan Agustus kita bisa tetapkan,” ujarnya.

Ia mengaku selalu mengingatkan kepada parpol untuk segera mengintruksikan kadernya yang menjadi caleg terpilih untuk segera menyerahkan LHKPN.

Kita nggak bosen-bosen. Kita terus ingatkan, bahkan lewat surat. Yah kita juga mengakui jika KPK juga pasti kerepotan karena kan bukan Banten aja tapi juga caleg se Indonesia,” katanya.

Dugaan lain sebenarnya calegnya sudah menyerahkan tapi masih dikumpulkan oleh parpol. Misalkan dari 18 caleg baru 15 yang terkumpul. Jadi ingin sekaligus nggak dua kali kerja, parpol-parpol kemarin juga begitu. Tapi bisa saja calegnya lagsung ke KPU, itu nggak apa-apa,” sambungnya.

Anggota KPU Banten, Eka Setyalaksmana mengatakan, caleg terpilih wajib menyerahkan LHKPN. Jika tidak, caleg bersangkkutan akan dikenakan sanksi.

Misalkan si caleg dapat suara terbanyak atau partainya dapat kursi, maka kita usulkan untuk tidak dilantik. Kalau untuk penetapannya kita tetap tetapkan,” katanya.

Eka mengaku, untuk pleno penetapan caleg terpilih hasil pemilu 2019, masih menunggu hasil putusan MK.

Kita tunggu hasil MK seperti apa. Baru setelah itu kita pleno,” pungkasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds