Ramuan-Promosi Produk Wisata

Pariwisata & Budaya  KAMIS, 11 JULI 2019 , 11:28:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Ramuan-Promosi Produk Wisata

Ilustrasi/Net

KETIKA di Hawai, saya tertarik pada sebuah promosi wisata lokal yang menjanjikan suatu atraksi wisata unik yang tidak ada di lokasi lain yaitu sebuah pohon dan buah yang unik maka tiada duanya di planet bumi ini.

Bahkan pohon itu memiliki batang dan dahan yang tidak keras maka beda dari batang dan dahan yang berbahan kayu. Di samping pohon ajaib itu juga berbuah yang sangat lezat untuk dimakan manusia.

Keajaiban

Akibat tertarik oleh promosi pohon ajaib itu maka saya membeli tiket tour agar dengan mata di kepala saya sendiri bisa melihat keajaiban alam tiada dua di jagat raya itu.

Setelah satu jam menempuh perjalanan berkelak-kelok naik turun gunung dengan bus bersama belasan turis mancanegara diantar seorang pemandu wisata berkisah tentang keajaiban alam kepulauan Hawai, akhirnya saya tiba di tujuan demi menyaksikan dengan mata kepala sendiri betapa ajaib pohon dan buah yang unik itu.

Ternyata pohon dan buah yang dipromosikan itu adalah pisang.

Pahlawan

Ketika di Vietnam, saya dibuat penasaran oleh sebuah promosi wisata lokal yang menjanjikan sebuah atraksi wisata unik tiada dua di negara lain yaitu seekor satwa yang dinobatkan menjadi pahlawan nasional Vietnam sebab mendukung perjuangan Vietcong melawan penjajah Prancis mau pun agresor Amerika Serikat.

Segera saya membeli tiket tour demi bisa khusus berjumpa dengan satwa yang dielu-elukan sebagai pahlawan nasional Vietnam nan gagah perkasa itu.

Setelah menempuh perjalanan dari kota Ho Chi Minh  menuju kawasan pedesaan di mana destinasi pariwisata penting itu berada, akhirnya saya tiba di lokasi di mana sang satwa pahlawan nasional Vietnam kini bersemayam.

Ternyata satwa pahlawan nasional Vietnam yang dengan pengorbanan lahir-batin mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa, negara dan rakyat Vietnam adalah kerbau.

Ramuan-Promosi

Kedua peristiwa tersebut meyakinkan saya bahwa Indonesia perlu belajar umuk (omong besar) dari Amerika Serikat dan Vietnam.

Keberhasilan pemasaran produk industri wisata mutlak membutuhkan dukungan ramuan-promosi (advertising, personal selling, sales promotion, public relations, publication)  secara terpadu tepat dan benar sasaran melalui segenap jenis media yang tersedia demi menarik perhatian para wisatawan mancanegara untuk berduyun-duyun sudi datang melakukan kunjungan wisata ke negeri yang dipromosikan.

Apabila Hawai dengan pisang dan Vietnam dengan kerbau mampu berjaya menyedot kunjungan para wisatawan mancanegara termasuk saya untuk datang mengunjungi negara mereka demi melihat pisang dan kerbau maka dapat diyakini bahwa Indonesia dengan Borobudur, Prambanan, Puri Besakih, Sangeh, rumah adat Toraja, Danau Toba, Raja Ampat, Orang Utan, Orong-Orong,  Komodo, Cendrawasih, Gangsir, Bawal, Dugong, Lapis Legit, Rendang, Batik, Kain Tenun, Wayang dan masih luar biasa banyak lagi keberlimpahan perbendaharaan kemahakayarayaan alam dan kebudayaan tiada dua di planet bumi ini akan lebih berjaya menarik minat para wisatawan mancanegara berkunjung ke persada Nusantara.

Asal didukung ramuan-promosi melalui segenap jenis media secara tepat dan benar sasaran! MERDEKA! []

Penulis adalah pembelajar promotion-mix sebagai bagian hakiki marketing-mix.



Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds