Ini Resep Buat Ade Sumardi Agar Sukses Pimpin PDIP Banten

Politik  KAMIS, 11 JULI 2019 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Ini Resep Buat Ade Sumardi Agar Sukses Pimpin PDIP Banten

Ade Sumardi/Net

RMOLBanten. Ketua DPD PDI Perjuangan Banten yang baru, Ade Sumardi harus mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat, jika partainya dalam Pilkada tahun 2020 menjadi pemenang.

Hal lain, Ade belum secara nyata memiliki pengalaman yang matang dipanggung politik

Demikian disampaikan Dosen FISIP Untirta, Suwaib Amiruddin, Kamis (11/7).
   
Ade diminta untuk tak bisa berlama-lama merayakan atas keterpilihan dirinya sebagai  Ketua DPD PDIP  Banten periode 2019-2024, menggantikan Asep Rahmatullah.
 
Ade Sumardi yang juga Wakil Bupati Lebak harus cepat dan pandai dalam membangun infrastruktur partai. Pasalnya Pilkada serentak 2020 sudah depan mata, dengan tahapan Pilkada yang tinggal menghitung bulan maka secara otomatis partai menuntut Ade bergerak dan beradaptasi dengan cepat.
 
"Harus langsung bergerak. Pak Ade ini kan belum mempunyai sepak terjang yang besar di tingkat wilayah. Dia harus memposisikan dirinya sebagai orang yang ada di wilayah bukan lagi orang yang ada di Kabupaten,” katanya.

Suwaib menjelaskan, ada beberapa hal yang mesti dilakukan Ade dengan posisi barunya itu. Diantaranya, harus memetakan persoalan-persoalan yang terjadi di internal partai. Sebab, pasca pilpres ini tak dipungkiri ada beberapa kubu yang muncul di internal partai.

Kemudian secepatnya melakukan konsolidasi dan rekrutmen yang solid. Tradisi partai itu tidak semua di internal partai hari ini solid ke Pak Ade Sumardi. Mungkin terdapat barisan yang ada di posisi Pak Asep Rahmatullah (ketua lama),” ungkapnya.

Ia menyarankan agar Ade dalam kepemimpinannya bisa mengayomi semua pihak, termasuk loyalis Asep.

Ini harus diantisipasi oleh Pak Ade Sumardi supaya merangkul semua orang-orang yang aada di barisan Pak Asep,” imbuhnya.

Adapun  posisi Asep Rahmatullah  yang kini menjadi Sekretaris DPD PDIP Banten akan membuat barisan dukungan terbelah, Suwaib menilai itu tak akan terjadi. Syaratnya, Ade benar-benar bisa merangkul semua barisan Asep. Bahkan, Asep bisa menjadi tutor yang baik bagi Ade.

Pak Ade harus banyak belajar ke Pak Asep sebagai orang yang baru muncul di tingkat wilayah. Saya kira memang Pak Ade harus banyak berguru karena selama ini menjaga konsolidasi suara, PDIP di Banten lumayan bagus,” tuturnya.

Lebih lanjut dipaparkan Suwaib, pilihan Asep dijadikan Ade sebagai tutor bukan pilihan yang salah. Pasalnya, meski tak mampu membawa Joko Widodo-Maruf Amin menang di Banten tapi Asep berhasil membangun infrastruktur partai yang solid.

Buktinya, selama Asep memimpin tak ada mosi tidak percaya yang dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/kota.

"Kita harus pisahkan Pilpres dan konsolidasi partai, itu beda jangan sampai kekalahan Pilpres dianggap kekalahan Pak Asep. Bagaimana pun infrastruktur (partai) sudah terbangun baik oleh Pak Asep,” tuturnya.

Sebelumnya, Ade Sumardi mengaku, akan menjalankan instruksi partai dengan sebaik-baiknya. Pihaknya pun sudah memiliki target yaitumemenangkan setiap perhelatan politik yang dihadapi DPD PDIP Banten.

Kader partai fatsun terhadap instruksi partai, tinggal yang ditunjuk harus menyusun program kerja partai. Target setiap event politik kitamenang, itu saja,” ujarnya.

Disinggung soal Pilkada Serentak 2020, Wakil Bupati Lebak ini tetap memberikan target yang sama. Meski akan menjadi partai yang terbuka namun pihaknya akan memprioritaskan kader internalnya untuk maju.

Wajib (kader internal maju) kalau yang mumpuni. Intinya partai terbuka untuk siapapun, kader internal eksternal kita terbuka, kalau internal baik ya kita dukung,” pungkasnya. ‎[dzk]


Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds