Sultan Banten: Putusan MA Tidak Mempengaruhi Saya

Hukum  KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:24:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Sultan Banten: Putusan MA Tidak Mempengaruhi Saya

Ilustrasi/Net

RMOLBanten. Sultan Banten ke-18, Sultan Syarif Muhammad Ash-Shafiuddin atau Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja mengaku tidak takut dengan keluarnya hasil keputusan Mahkamah Agung (MA) sebab dirinya mengaku sebagai pewaris sah keturunan Kesultanan Banten.

"Bagi saya biasa saja, karena saya ini adalah sebagai pewaris sah dan bisa meneruskan Kesultanan Banten," ungkapnya melalui sambungan telepon, Kamis (11/7).

Menurutnya, putusan Mahkamah Agung harus dibaca secara utuh sehingga bisa didapati makna yang sesungguhnya secara substansi dan filosofi dari maksud putusan tersebut. MA maupun pengadilan, bukan ranahnya untuk memberhentikan Sultan.

"Jadi sekali lagi bukan ranah mereka jangan seolah-olah dihapus, bukan begitu sebetulnya. Artinya mereka tidak ikut campur di urusan nasab ini, karena dukungan dari ulama, kasepuhan memang saya ini lah penerusnya. Enggak masalah bagi kita. Nasabnya jelas dan saya akan menersukan kesultanan Banten," tegasnya.

Selain itu, dikatakan Sultan Banten, putusan MA juga putusan yang sifatnya non eksekutable (tidak ada eksekusinya) dan tidak nebis in idem (tidak ada larangan) untuk sultan boleh mengajukan penatapan lagi kapanpun jikalau mau. Karena  penetapan sifatnya normatif saja.

"Sekali lagi dapat kami tegaskan, ada atau tidaknya putusan Mahkamah Agung, tidak mempengruhi eksistensi sultan banten ke 18, Karena putusan dimaksud hanya bagian kecil normatif saja, dan tidak ada eksekusinya (non eksekutable)," katanya.

Untuk itu perjuangan Kesultanan Banten sebagai entitas budaya akan semakin kuat dilakukan demi mengangkat marwah Banten khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sultan Banten juga mengaku, pidana tidak membuatnya takut, karena dirinya tak bersalah.

"Salah saya dimana, orang menyebut saya Sultan, sah saja kan. Mereka takut merebut pengelolaan makam maupun Kesultanan Banten. Tidak pengaruh buat saya, karena saya ini sebagai ahli waris sah. Bukan keinginan saya jadi sultan, tetapi sudah jelas nasabnya keatas garis lurus," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

Shalat Ied Di Alun-Alun Rangkasbitung

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:31:00

Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

The ads will close in 10 Seconds