Pantai "Gorengan" Labuan Dipercaya Bisa Sembuhkan Segala Penyakit

Pariwisata & Budaya  RABU, 17 JULI 2019 , 20:01:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Pantai

Pantai Caringan/RUS

RMOLBanten. Pantai Caringin yang berada di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dipercaya masyarakat sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari berat sampai ringan, dari gatal-gatal sampai stroke.

Meski belum ada penelitian secara medis, Pantai Caringin yang dikenal degan Pantai 'Gorengan' gaunggya sudah sampai kemana-mana.

Anggota DPRD Banten, Toni Fathoni Mukhson menyatakan Pantai Caringin mulai diyakini dapat menyembuhkan penyakit selama 12 tahun belakangan ini. Bahkan kata dia, yang datang untuk melakukan terapi pengobatan bukan hanya masyarakat Banten saja, tetapi juga ada dari Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat dan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sebenarnya kalau masyarakat sekitar (Labuan) merasakan kalau Pantai Caringin itu dapat menyembuhkan penyakit sudah berlangsung sekitar 12 tahunan. Tapi mulai diketahui oleh masyarakat dari luar Banten ini sudah dua tahun lalu. Jadi tidak aneh sekarang di Pantai Caringin, sepanjang hari ramai didatangi warga untuk melakukan terapi, olahraga dan liburan," ujarnya, Rabu (17/7).
 
Metode terapi pengobatan yang selama ini, dilakukan masyarakat sekitar dan penjuru nusantara dikatakan Toni yang juga warga Labuan ini dengan cara merendam selama satu sampai dua jam.
 
"Mereka yang melakukan terapi merendamkan tubuhnya didalam air laut selama berjam-jam. Dan waktu perendamannya juga tidak sembarangan, dari pukul 4.30 WIB subuh sampai 06. 30 WIB pagi," ungkapnya.
 
Alasan jam tertentu kata Toni, lantaran pada jam tersebut kadar garam air laut sangat tinggi. "Jadi pada jam itu, air dari laut dan muara mengalir, pada saat itulah kadar garam tinggi, serta dapat menyedot racun dalam tubuh," ujarnya.
 
Karenanya, Toni meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) bersama dengan Dinas PU Banten melakukan penataan terhadap Pantai Caringin.

"Ini kan potensi alam yang harus kita kembangkan, dan bila perlu dikawasan itu ditata menjadi lebih baik lagi," harapnya.

Senada diungkapkan  warga setempat, Jaka dan Utam. Menurut keduanya, selama ini warga sekitar yang sakit dan rutin berendam di Pantai Caringin kondisi kesehatannya menjadi membaik.

"Mulai dari stroke, hepatits, penyakit lemes-lemes dan gatal-gatal itu sembuh. Bahkan kalau hari Sabtu dan Minggu banyak warga dari luar Banten berobat pakai kursi roda," ujar Jaka.
  
Selain pantainya yang bersih, dan nyaman untuk berendam kelebihan Pantai Caringin lainnya adalah seluruh pedagang  rata-rata menjual gorengan.

"Disana semua jenis gorengan harganya murah, seribu perak satunya. Ukurannya besar. Makanya dikenal dengan sebutan Pantai Gorengan," ungkap Utam saat ditemui di gedung DPRD Banten usai audiensi dengan Komisi IV DPRD Banten, Dinas PU Banten dan Balai Besar Wilayah Cidanau Ciujung Cidurian (BBWC3) pada Kementerian PUPR.
   
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai Kementerian PUPR, Junaedy Malay mengungkapkan, pihaknya berjanji akan melakukan penataan pantai diwilayah Pantai Caringan dan sekitarnya.
 
"Kedepan, kami dari BBWSC3 bersama dengan Dinas PU Provinsi Banten samai-sama komitmen untuk penataan seluruh kawasan pantai dan sungai. Tahun-tahun berikutnya tetap dilakukan, karena sudah ada dalam perencanaan," ujarnya.
 
Terkait dengan pelaksanaan program pemerintah pusat yang dikerjakan oleh BBWC3 disepanjang sungai dan pantai, lanjut Junaedy pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat Banten yang mendukung semua program pemerintah pusat.

"Kami sangat berterima kasih, kemarin kita dapat masukan dari masyarakat dan ibu-ibu dari Caringin agar dilakukan penataan kearah lebih baik lagi untuk akses masuk ke pantai. Dan kami tentunya sangat senang sekali, karena audiensi itu bagian dari suksesnya kegiatan penataan sungai dan pantai di Banten," ujarnya. [ars]
 

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds