Orang Tua Belum Paham Pentingnya KIA

Kota Serang  RABU, 17 JULI 2019 , 20:44:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Orang Tua Belum Paham Pentingnya KIA

Ilustrasi/NET

RMOLBanten. Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang menyebutkan orang tua belum memahami pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA).

Demikian disampaikan Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Hudori, Rabu (17/7).

"Kendalanya yaitu pemahaman orang tua tentang KIA ini buat apa, dan persiapan SDM, karena mereka terbiasa KTP dan KK ketika ada prodak baru maka kita harus mengupgrade ulang SDM yang berkualitas," tutupnya.

Meski demikian, kata Hudori, Disdukcapil sampai 2019 ini ada sekitar 15000 keping KIA.

"Kita sebarkan ke setiap siswa. Tapi kami targetkan tahun ini kita dikeluarkan KIA sekitar 10000 ribuan KIA tersebar di Kota Werang," kata Sekdis Disdukcapil Kota Serang Hudori, Rabu (17/7).

Dikatakan Hudori, kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP Anak merupakan salah satu program terbaru dari pemerintah Jokowi yang diluncurkan sejak tahun 2016 lalu.

"Pembuatan Kartu Indonesia Anak (KIA) akan terus digalakan pada tahun ini. Dalam proses pembuatan tahap awal pihaknya akan menggandeng sekolah yang ada di Kota Serang. Hal itu dilakukan untuk efisiensi sistem pelayanan," katanya.

Selain kerjasama dengan sekolah, dipaparkan Hudori, pembuatan KIA akan menggandeng beberapa vendor seperti, Time Zone dan MC Donald.

"Nanti pemegang KIA akan mendapatkan semacam diskon sehingga merangsang anak untuk berlomba-lomba memiliki KIA di Kota Serang ini," paparnya.

Dijelaskan Hudori, penerapan KIA akan diberlakukan kepada anak yang belum cukup umur untuk mendapatkan KTP. Hal itu sebagai bukti pedulinya negara terhadap anak.

"Filosofis dari pak jokowi tentang KIA itu gini, Kalau anak dewasa punya KTP lalu anak-anak punya apa. Nah ini sekarang ada KIA dan KIA ini ada NIK nya. Karena ada niknya anak bisa bisa bikin buku tabungan atau paspor. Jadi fungsi KIA ini sama dengan KTP," ucapnya.

Untuk penerapan KIA, pihqknya akan membagi anak-anak kedalam beberapa tipe.

"KIA ini ada 2 tipe ada dari 0-5 tahun tanpa pas foto, 5 tahun sampai 17 tahun kurang satu tlhari pake pas foto," tutupnya. [ars]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds