Tangkapan Menurun Drastis, Nelayan Kasemen Minta Pemkot Turun Tangan

Kota Serang  SABTU, 20 JULI 2019 , 15:20:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tangkapan Menurun Drastis, Nelayan Kasemen Minta Pemkot Turun Tangan

Wakil Walikota Subadri Usuludin/RAG

RMOLBanten. Musim kemarau berkepanjangan tidak hanya membuat petani jadi kelimpungan tapi juga nelayan di Kasemen Kota Serang merasakan dampak yang sama, hasil tangkapan ikannya jadi menurun. drastis

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Serang Didin Hasanudin mengatakan penyebab menurunnya tangkapan ikan musim kemarau disebabkan suhu air laut yang panas disertai gelombang tinggi.

"Panasnya suhu air laut menyebabkan ikan migrasi ke area yang dingin atau tempat bersahabat lainnya. Kondisi ini menjadikan kesulitan sendiri," katanya, Sabtu (20/7).

Walaupun sedang sulit, para nelayan yang berada di pantai Utara Kota Serang itu nekad melaut guna memenuhi kebutuhan sehari-hari walau dengan hasil yang kurang memuaskan.

"Kami masih tetap ke laut, karena perlu biaya sehari- hari buat makan meski hasilnya kurang memuaskan. Penghasilan kami Turun 40 persen, gimana rejekinya aja. Gak bisa dipastikan cuman sekarang hasil tangkapan menurun drastis," ujarnya.

Didin berharap agar pemerintah Kota Serang segera menurunkan bantuan sebab dari bulan Januari hingga sekarang memasuki bulan Juli pemerintah belum sekalipun memberikan bantuan.

"Semoga pemerintah ada kepedulian untuk para nelayan, bantuan apa saja mau sembako atau berupa beras, yang penting dibantu para nelayan ini," ucapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin menuturkan bahwa dirinya kurang faham terkait dengan ilmu kenelayanan dan menyerahkan baik jeleknya hasil tangkapan ikan kepada rejeki masing-masing.

"Iyah memang gitu emang kenapa masa kepala daerah harus nangkap ikan banyak itu kan ranahnya nelayan. Kita juga sudah berikan bantuan semuanya normal di setiap tahunnya juga dibantu tentu seuai dengan kemampuan kita," ucapnya. [ars]



Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds