Tatu: Galakkan Gotong Royong Untuk Wujudkan Kampung Bersih dan Aman

Kabupaten Serang  RABU, 31 JULI 2019 , 19:31:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tatu: Galakkan Gotong Royong Untuk Wujudkan Kampung Bersih dan Aman

Sosialisasi Kampung Bersih dan Aman/RAG

RMOLBanten. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak masyarakat untuk kembali memperkuat gotong royong dan kemandirian dalam membangun desa. Ajakan tersebut dilakukan melalui Lomba Kampung Bersih dan Aman.

Butuh perubahan mindset di masyarakat secara masif, dengan dukungan seluruh elemen, baik pemerintah, masyarakat, kepolisian, dan juga unsur TNI," kata Tatu usai Sosialisasi Lomba Kampung Bersih dan Aman di Indoor Setda Kabupaten Serang, Rabu, (31/7).  

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh camat dan kepala desa serta seluruh rukun warga (RW) se Kabupaten Serang. Hadir pula Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, dan perwakilan dari Kapolres Cilegon dan Kapolres Serang Kota.

"Lomba ini sudah pernah dilaksanakan di Surabaya. Sekarang terlihat, Kota Surabaya yang serba bersih dan serba resik itu karena hasil kemandirian masyarakatnya," kata Tatu.

Tatu mengakui, tidak mudah untuk mengubah masyarakat untuk mandiri menciptakan kampung yang bersih, aman, dan peduli akan kesehatan lingkungan. Butuh kebersamaan dari berbagai pihak.

Perhatian dari Polda Banten luar biasa. Kita sama-sama punya keinginan kuat, membuat Kabupaten Serang lebih maju,” ujarnya.

Ada dua jenis desa yang akan mengikuti lomba, yakni desa pemula dan desa tertinggal. Mereka akan dilombakan dengan kategori kampung bersih, kampung berbunga, kampung inovatif, kelompok penggerak lingkungan, dan kelompok penggerak sadar hukum, kegiatan ini juga disambut baik Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Program Kampung Bersih dan Aman ini merupakan ajang perlombaan kebersihan, keindahan, dan keamanan untuk tingkat RW. Peserta lomba diusulkan oleh pemerintahan desa. Ketua RW akan diikutkan pada kegiatan workshop.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto menambahkan, target Lomba Kampung Bersih dan Aman ini bertujuan untuk menciptakan desa yang mandiri serta mampu memberdayakan masyarakat untuk peduli kebersihan dan keamanan lingkungan.

Lomba ini diharapkan Ibu Bupati berlangsung berkesinambungan, atau tidak hanya sekali. Setiap desa akan mengirimkan perwakilan kampung atau RW untuk ikut dalam lomba ini. Nanti bertahap kampung yang ikut lomba bisa menularkan konsep kemandirian masyarakat kepada kampung lain,” tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds