Pengelolaan Rumah Kemasan Di Pandeglang Belum Efektif

Kabupaten Pandeglang  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Pengelolaan Rumah Kemasan Di Pandeglang Belum Efektif

Tatang Muhtasar/MUL

RMOLBanten. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pandeglang, Tatang Muhtasar menyebutkan Keberadaan Rumah Kemasan yang dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pandeglang dinilai belum efektif.

Padahal menurutnya Rumah kemasan yang berlokasi di Jalan Raya Labuan-Pandeglang Km 05 Cikoneng, atau tepatnya di Kampung Cipacung, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, diwacanakan sebagai sentra kerajinan dan oleh-oleh. Tapi sampai saat ini masih sepi peminat.

"Jadi sampai saat ini Rumah Kemasan belum efektif. Padahal kita sudah menaruh barang hasil UMKM namun belum ada dampak," ungkap tatang, Kamis (1/8).

Tatang mengaku belum mengetahui  kendala yang dihadapi Disperindag Pandeglang sehingga gedung  yang dibangun pada 2018 lalu ini belum efektip memasarkan produk-produk yang diproduksi oleh UMKM binaannya.

Namun,Tatang melihat, cara yang dipakai dalam memasarkan produk UMKM masih bersifat konvensional. Sebab pengelola hanya menunggu konsumen datang.

"Padahal di era digitalisasi saat ini, pengelola lah yang harus menggejar konsumen. Bagaimana? Ya tadi dengan manggandeng marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak," bebernya.

Meski begitu, Tatang menaruh harapan terhadap berdirinya Sentra Batik dan Kuliner (Sebakul) dapat menarik lebih banyak animo masyarakat maupun wisatawan untuk mengunjungi rumah kemasan.

Mengingat dibangunan yang menelan anggaran mencapai Rp680 juta itu, terdapat berbagai produk pelaku UMKM mulai dari makanan olahan ringan hingga kerajinan tangan seperti batik dan miniatur.

"Isinya ada produk makanan cemilan olahan tradisional dan berbagai kerajinan tangan termasuk batik khas Pandeglang," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds