Distan Banten Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Pemprov Banten  SABTU, 03 AGUSTUS 2019 , 17:14:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Distan Banten Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Sidak penjual hewan kurban/RUS

RMOLBanten. Untuk memastikan hewan kurban yang dijual bebas penyakit menular, Dinas Pertanian Banten melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Kurban di sejumlah titik lapak penjual hewan kurban di Banten,

Kepala Dinas Pertanian Banten Agus M Tauchid usai melakukan pemeriksaan hewan kurban mengatakan, ketersediaan hewan kurban di Banten saat ini bisa dipastikan bebas dari penyakit hewan yang menular dan membahayakan (zoonosis).

Kata dia, menjadi komitmen  pemerintah terhadap masyarakat khususnya umat Islam untuk menjamin bahwa hewan kurban tersebut harus memenuhi  kriteria aman, sehat, halal dan utuh (Asuh).

"Di Banten, Alhamdulilah kami bersama tim kesehatan medik veterenier sampai saat ini tidak menemukan. Bukan belum, tapi  tidak menemukan. Bahkan kami juga didukung dengan lab keswan dan kemavet karena Banten juga punya laboratorium untuk tes darah, jika patut diduga hewan tersebut tertular penyakit berbahaya," kata Agus M Tauchid Sabtu (3/8)

Semua hewan kurban, kata Agus baik didatangkan dari luar daerah  Banten sudah dilengkapi dengan surat  keterangan kesehatan hewan, baik untuk hewan sapi, kerbau maupun domba dan kambing.

"Kami melakukan penjadwalan pemeriksaan hewan kurban ini di delapan kabupaten/kota hingga hari H Idul Adha nanti. Untuk lapak-lapak besar oleh provinsi dan lapak kecil oleh kabupaten/kota," ungkapnya.

Ia mengaku selama ini setiap tahun di Banten tidak pernah menemukan hewan kurban yang berpotensi membawa penyakit  yang menular dan membahayakan.

Namun demikian ada saja hewan yang mengalami sakit ringan yang tidak membahayakan karena faktor di perjalanan seperti sakit mata dan filek, orf dan lainnya, tapi tidak ada yang membahayakan seperti antrhax. [ars]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds