Sasar Lapak, 90 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Diterjunkan

Kesehatan  SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: SOPIAN SUKRI

Sasar Lapak, 90 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Diterjunkan

Pelepasan petugas pemeriksa hewan kurban/SOP

RMOLBanten. Sebanyak 90 petugas pemeriksa hewan kurban bakal diturunkan ke lapangan untuk menyasar lapak penjualan hewan ternak.

Keberadaan petugas pwmweriksa hewan kurban ini untuk mencegah sumber dari penyakit hewan yang dapat menular ke manusia (zoonosis) serta menjamin produk hewan yang beredar untuk dikonsumsi masyarakat saat perayaan Idul Adha.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar berharap dengan terbentuknya tim pemeriksa kesehatan hewan kurban dapat membantu meminimalisir kemungkinan-kemungkinan negatif yang tentu sama-sama tidak diinginkan. Selain itu menjalankan UU No.14 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, menjelaskan pemerintah berkewajiban untuk mengantisipasi ancaman kesehatan masyarakat.

"Semoga dengan dibentuknya petugas pemeriksa kesehatan hewan qurban ini, dapat membantu meminimalisir hal-hal negatif yang tidak kita inginkan" kata Zaki, Selasa, (6/8).

Zaki meminta para aparatur pemerintah khususnya untuk dinas pertanian dan peternakan kabupaten Tangerang meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan-hewan ternak yang akan di kurbankan pada Idul Adha nanti.

"Tugas Bapak/Ibu sangat penting karena tugas ini berkaitan dengan hewan yang akan dikurbankan umat muslim, jangan sampai masyarakat merasa dirugikan dan dibuat resah dengan adanya penyakit, dan pastikan juga hewan yang disembelih sehat dan aman dikonsumsi serta halal, apabila ditemukan hewan tidak layak dan sakit langsung dulakukan tindakan jangan ada toleransi lagi karena ini demi kesehatan masyarakat kita semua," tegas Zaki.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam perlindungan terhadap masyarakat dari ancaman penyakit yang ditularkan hewan kurban dan agar senantiasa meningkatkan kewaspdaan terhadap terhadap masuknya hewan-hewan kurban.

"Tugas tim ini meningkatkan pengawasan hewan kurban dari berbagai ancaman penyakit seperti antraks dan penyakit lainnya dan memastikan daging hewan aman halal bersih sehat serta sosialisasi tata cara pemotongan hewan yang baik dan benar sesaui tata cara Islam," tutupnya. [kom]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds