HUT RI, Srikandi Nusantara Kibarkan Merah Putih Di TNUK

Pariwisata & Budaya  SELASA, 13 AGUSTUS 2019 , 19:57:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

HUT RI, Srikandi Nusantara Kibarkan Merah Putih Di TNUK

Taman Nasional Ujung Kulon/NET

RMOLBanten. Srikandi Nusantara (SN) akan mengibarkan bendera merah putih di atas tebing pada 17 Agustus 2019, tepatnya di Tanjung Layar, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pengibaran dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

Pendiri sekaligus Ketua Srikandi Nusantara, Dinny Masyita, mengatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih di atas tebing merupakan agenda rutin yang sudah sering dilakukan Srikandi Nusantara di setiap peringatan hari kemerdekaan dan telah dilakukan dibeberapa wilayah di Indonesia sebelumnya.

Kali ini memilih TNUK sebagai tempat upacara pengibaran bendera merah putih di HUT RI ke-74, atas kerjasama Srikandi Nusantara dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) dan Yayasan Badak Indonesia.

"Ide untuk melakukan upacara di Tanjung Layar, karena biasanya Srikandi Nusantara terlibat di pengibaran-pengibaran bendera di ketinggian tebing setiap tahunnya. Selain itu ingin bersama-sama BTNUK melakukan upacara peringatan hari kemerdekaan yang berbeda dari biasanya," ucap Dinny, Selasa (13/8)

Menurutnya, meski tebing yang ada di Tanjung Layar-TNUK tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, nilai sejarah dari TNUK sebagai the world heritage (warisan dunia) menjadi salah satu alasan dipilihnya TNUK sebagai tempat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih pada HUT RI ke-74.

"Meski tebing di Tanjung Layar tidak termasuk ekstrem, karena nilai sejarahnya. Sepenggal sejarah peninggal zaman penjajahan ada disini (Tj. Layar), seperti adanya puing-puing bangunan masa kolonial," ungkapnya.

Bukan hanya pengibaran saka merah putih, dikatakan Dinny, Srikandi Nusantara yang memang selalu konsen terhadap ekosistem lingkungan itu pun akan melakukan kegiatan bakti sosial di sepanjang pantai Tanjung Alang-alang, TNUK.

"Selain upacara pengibaran bendera, kita juga menjadikan momen ini untuk melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon di Tanjung Alang-alang. Karena Srikandi Nusantara berkegiatan tak luput dari kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan yang akan dilaksanakan pihaknya tersebut bukan hanya seremonial belaka. Tapi mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat serta mampu meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

"Semoga bisa meningkatkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, selain mengenalkan pada masyarakat sejarah Tanjung Layar dan menjadikan momen kegiatan apapun untuk berbuat sesuatu terhadap lingkungan hidup," tandasnya. [ars]


Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds