Entaskan Stunting, Pemkab Pandeglang Libatkan Dunia Usaha dan Ormas

Kesehatan  SELASA, 13 AGUSTUS 2019 , 20:10:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Entaskan Stunting, Pemkab Pandeglang Libatkan Dunia Usaha dan Ormas

Komitmen pengentasan stunting di Pandeglang/MUL

RMOLBanten. Dunia usaha dan organisasi masyarakat dilibatkan untuk pengentasan dan pencegahan stunting di Kabupaten Pandeglang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang, Perry Hasanudin  mengungkapkan, persoalan pengentasan stunting di kabupaten pandeglang tidak hanya bisa dilaksanakan oleh pemerintah saja, semua pihak dan elemen masyarakat juga harus ikut berperan aktif dalam upaya pengentasan stunting di kabupaten Pandeglang.
"Stunting itu sudah menjadi isue nasional, nah kita libatkam semua (pelaku usaha dan ormas-red) sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dunia usaha dan organisasi masyarakat," katanya, Selasa (13/8).
Ferry mengatakan pemerintah daerah terus bertekad menggencarkan berbagai program untuk menekan angka stunting.

Hampir semua instansi dilibatkan sehingga ada gerakan serentak lintas instansi dan sektoral untuk menekan angka stunting," ujarnya.

Ia menambahkan permasalahan stunting tidak hanya disebabkan kesehatan saja. Akan tetapi bisa juga di pengaruhi oleh berbagai hal seperti faktor ekonomi, pendidikan sosial dan pola hidup masyarakat,

Oleh karena itu guna menanggulangi dan mencegah permasalahan stunting adalah mengupayakan intervensi kesehatan dan dukungan lapisan masyarakat secara berkelanjutan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Dewi Setiani mengungkapkan dalam rangka penanggulangan dan pencegahan stunting, pihaknya melakukan komitmen bersama serta merangkul para pelaku usaha dan ormas.

"Para pelaku usaha dan organisasi masyarakat memiliki peran penting untuk mencegah stunting atau kurang gizi," ujarnya.

Masih kata dewi, disisi lain untuk penanggulangan dan pencegahan stunting perlu adanya pendampingan dalam perubahan perilaku masyarakat melalui upaya dalam mendukung promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan masyarakat, komunikasi, informasi dan edukasi serta upaya kesehatan berbasis masyarakat, salah satunya yakni dengan meningkatkan kapasitas program pada perangkat daerah terkait termasuk para pelaku usaha dan ormas,"pungkasnya. [ars]


Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds