Pemprov Tidak Bisa Terapkan ASN Kerja Dari Rumah, Ini Alasannya

Pemprov Banten  RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 01:16:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Pemprov Tidak Bisa Terapkan ASN Kerja Dari Rumah, Ini Alasannya

ASN Banten/Dok

RMOLBanten. Pemprov Banten belum bisa menerapkan wacana aparatur sipil negara (ASN) untuk  bekerja dari rumah. Alasanya, saat ini pola kerja pemprov berbasis pelayanan secara face to face atau tatap muka.

Wacana itu digulirkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Hal itu dinilai akan membuat kerja ASN lebih fleksibel. Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul akan terjadinya perubahan besar profil ASN pada 2024.

Hal ini diperkirakan berdampak pada jumlah PNS yang melek teknologi akan bertambah seiring rekruitmen baru yang diisi generasi melek teknologi. Layanan masyarakat pun nantinya akan berbasis digital dan terintegrasi.

Asisten Daerah (Asda) III  Banten Samsir mengatakan, metode tersebut masih sebatas wacana dan belum ada edaran resmi dari pemerintah pusat. Pemprov sendiri belum siap jika aturan itu diterapkan dalam waktu dekat ini.  
Untuk saat ini di pemprov belum (bisa diterapkan). Jadi itu masih wacana mau dikaji. Sebagian ada yang sudah menjalankan itu, di Kementerian Keuangan kalau tidak salah,” katanya,  Selasa (13/8).

Ia menjelaskan, belum siapnya metode itu diterapkan di pemprov karena bertolak belakang dengan pola kerja yang dijalankan. Saat ini, sebagian besar pola kerja pemprov berbasis pelayanan tatap muka.

Kalau yang sifatnya pelayanan kan agak sulit. Tempat pelayanan yang face to face mungkin sulit. Ke depan agak sulit sebenarnya, seperti pegawai kaya kita begini, di suruh di rumah ya enggak kerja apa-apa. Mentalnya belum siap kita,” ungkap dia.

Lebih lanjut dipaparkan Samsir, alasan lain belum siapnya pemberlakukan ASN bisa kerja dari rumah berkaitan dengan sistem pelayanan pemprov. Saat ini, sistem pelayanan masih bersifat organisasi atau kolektif.

Melalui sistem tersebut, ketika seorang berhalangan maka tugasnya bisa diselesaikan olah yang lain. Aturan ASN bisa kerja di rumah dinilainya lebih cocok diberlakukan untuk lembaga dengan sistem kerja yang mengandalkan kinerja individu aparaturnya.

Bisa yang kerja individu, kalau yang kerja kolektif yang oleh lembaga enggak mungkin. Kalau sistem (kerja pemprov) seperti sekarang enggak mungkin,” ungkapnya.

Meski demikian dia tak memungkiri bahwa ke depan akan ada banyak perubahan sistem kerja dari pemerintah pusat. Akan tetapi untuk aturan ASN bisa kerja dari rumah diyakini tidak akan diterapkan dalam waktu dekat ini.

Ke depan banyak aturan yang bakal diterapkan. Cuma mungkin itu yang sedang digodok sekarang, aturannya seperti apa, sehingga orang-orang benar-benar apa yang dia kerjakan bisa di rumah,” tuturnya.

Salah seorang ASN  Pemprov Banten yang enggan disebutkan namanya mengaku, tak memermasalahkan aturan ASN bisa kerja di rumah atau tidak. Meski akhirnya aturan itu diterapkan, pemerintah harus bisa menyiapkan sistem pengawasan yang baik untuk memantau aparaturnya.

Kalau saya sih bagaimana pimpinan saja. Tak kalah penting kalau aturan ini diterapkan sistemnya harus ketat, jadi ASN benar-benar kerja di rumahnya. Sekarang saja yang harus ngantor setiap hari banyak yang maish indisipliner,” katanya. [ars]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds