Diresmikan Irna, Pandeglang Kini Punya Pusat Wisata Kuliner

Ekbis  MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 01:00:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Diresmikan  Irna, Pandeglang Kini  Punya Pusat Wisata Kuliner

Foto: MUL

RMOLBanten. Pusat wisata kuliner yang berlokasi di Gedung Juang Pandeglang atau tepatnya di jalan raya bank banten pandeglang, resmi beroperasi.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban meresmikan pusat kuliner itu yang berlokasi di Jalan Raya Bank Banten Pandeglang, Sabtu (17/8).

Pusat wisata kuliner gedung juang ini, merupakan lokasi baru yang disiapkan pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di sekitaran Alun-alun kota pandeglang.

"Ini mimpi mereka (PKL) ingin mempunyai tempat yang layak dan bersih," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita saat meresmikan pusat kuliner.

Irna berharap, dengan diresmikannya pusat wisata kuliner ini dapat menumbuhkan perekonomian baru di masyarakat dan memberikan rasa tenang dan nyama pada para pedagang kaki lima. Karena sebelumnya, para PKL yang berjumlah 60 pedagang ini harus kucing-kucingan dengan para penegak Perda yakni Satpol PP saat berdagang di alun-alun pandeglang.

"Disana bukan tempat untuk jualan, disini lebih bersih dan layak, nanti akan tumbuh perekonomian baru sehingga tidak ada lagi identik PKL itu kumuh,"harap irna.

Irna menjelaskan, jika anggaran yang digunakan untuk membangun pusat kuliner ini dari anggaran dana Corporate Social Responsibility (CSC) Bank Jabar Banten (bjb) sebesar Rp. 244.622.000.

 "Alhamdulillah dukungan dari bjb para PKL ini mendapatkan tempat yang layak untuk dijadikan tempat berjualan, sehingga tidak lagi berjualan di taman alun-alun,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Andi Kusnardi mengatakan, para PKL yang baru direlokasi ini sementara waktu tidak dipungut biaya, sampai lokasi yang baru dibangun ini ramai pengunjung.

"Sementara ini mereka yang berjualan disini tidak dipungut biaya dulu sampai jualan disitu berjalan dan rame pembeli kurang lebih 2-3 bulan,"katanya.

Andi berharap para PKL bisa betah dan berkembang usahanya dan selalu menjaga kekompakan, kebersihan dan keindahan di Pandeglang.

"Saya harap pusat kuliner ini juga dapat menampilkan hiburan setiap malam minggu untuk menghibur pembeli bisa kerjasama dengan musisi sanggar seni, KPJ,"tutupnya

Ditemui pada acara yang sama, Norman Irawan salah satu PKL yang berjualan di pusat kukiner mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa berjualan di tempat yang disediakan oleh pemerintah.

"Kami ucapkan terimakasih, dengan adanya tempat ini kami lebih nyaman untuk berjualan," ujarnya.[ars]




Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds