Sudah Dua Pekan Wakil Rakyat Kabupaten Tangerang Nganggur

Parlemen  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 17:06:00 WIB | LAPORAN: SOPIAN SUKRI

Sudah Dua Pekan Wakil Rakyat Kabupaten Tangerang Nganggur

Mad Romli/SOP

RMOLBanten. Sudah dua pekan lebih 50 anggota DPRD Kabupaten Tangerang dilantik. Tetapi hingga kini belum ada kepastian penetapan alat kelengkapan dewan (AKD) dan penetapan ketua definitive. Akibatnya, para legislator itu belum efektif bekerja.
 
Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, keterlambatan penetapan pimpinan dewan definitive itu menghambat pembahasan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggran sementara (PPAS) untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020.

"Saya dapat informasi bahwa belum ada keputusan dari parpol pemenang untuk menentukan ketua dan wakil ketua definitif. Ada tarik ulur usulan pimpinan DPRD baik ketua maupun wakil ketua, maka semua pekerjaan dewan tertunda, termasuk pembahasan APBD 2020 yang seharusnya sudah mulai dibahas," kata H Ombi sapaan akrabnya, Selasa (10/9).

Mantan pimpinan DPRD Kabupaten Tangerang masa jabatan 2014-2018 itu berharap, penetapan ketua DPRD dan wakil ketua bisa cepat dilaksanakan agar mereka bsia segera menyusun agenda-agenda penting baik internal maupun eksternal. Jika penetapan pimpinannya lambat maka agenda eksekutif juga akan mengalami keterlambatan.

"Kan yang rugi dewan juga tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya. Mudah-mudahan penetapan pimpinan bisa dipercepat," terangnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang sementara Akmaludin Nugraha menuturkan, untuk PDIP sebagai pemenang yang mendapatkan kursi ketua, masih menunggu penetapan dari dewan pengurus pusat (DPP).

Tiga nama calon ketua, kata dia, sudah diusulkan untuk dibahas, yakni dirinya, H M Supriyadi dan Kholid Ismail.

"Untuk penetapan ketua definitif tinggal menunggu SK DPP. Kami sudah mengusulkan tinggal penetapan saja," tuturnya.
Menurut Akmal, pimpinan sementara punya waktu satu bulan setelah dilantik untuk menetapkan pimpinan definitif. Selain AKD, ia juga akan ditetapkan bersamaan dengan pengambilan sumpah janji pimpinan definitif tersebut.

"Kami masih punya waktu untuk menetapkan pimpinan definitive. Selain dari PDIP, kami juga masih menunggu usulan wakil ketua dari fraksi Gerindra, Golkar dan Demokrat,” tutupnya. [ars]

 

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds