Gegara Mendagri Belum Teken SK, Anggota DPRD Banten Belum Bisa Plesiran

Parlemen  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 19:37:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Gegara Mendagri Belum Teken SK, Anggota DPRD Banten Belum Bisa Plesiran

Ilustrasi/NET

RMOLBanten. Anggota DPRD Provinsi Banten periode 2019-2024 belum bisa melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker). Sampai saat ini dewan belum juga membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) lantaran pimpinan definitif belum disahkan.

Ketua DPRD Sementara Banten Andra Soni mengatakan, secara umum AKD hanya bisa dibentuk oleh pimpinan definitif yang saat ini penetapannya sedang diproses. Sementara saat ini, rangkaian penetapan pimpinan definitif baru pada proses pengumuman calon pimpinan definitif.

Jangankan kunker, rapat komisi saja belum bisa. Soalnya, yang bisa membentuk AKD adalah pimpinan definitif,” katanya ditemui usai Rapat Paripurna Pengumuman Calon Pimpinan DPRD Definitif, Senin (16/9).

Pantauan, dari paripurna tersebut diumumkan usulan lima nama capim DPRD Banten. Mereka adalah Andra Soni dari Gerindra untuk posisi calon Ketua DPRD. Bahrum dari PDIP, Budi Prajogo dari PKS, M Nawa Said Dimyati dari Demokrat dan Fahmi Hakim dari Demokrat untuk posisi wakil ketua.

Politikus Gerindra itu menuturkan, agar DPRD Banten bisa memiliki pimpinan definitif pasca pengumuman akan ditindaklanjuti dengan berkirim usulan ke Mendagri. Usulan tersebut dimaksudkan  untuk diproses dan diterbitkan surat keputusan peresmian pengangkatan pimpinan definitif.

Kemudian diproses Kemendagri, itu perlu waktu 14 hari. Setelah itu baru kita tetapkan di sini. Pelantikan juga namanya, pelantikan pimpinan (DPRD definitif),” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD  Banten sementara, Muhlis mengatakan, penetapan kursi pimpinan DPRD telah diatur dalam tata tertib DPRD pada pasal 60 ayat 1 sampai 3. Pada ayat satu disebutkan, DPRD dipimpin oleh satu ketua dan empat orang wakil ketua.

Selanjutnya pada pasal 2, pimpinan ditetapkan berdasarkan urutan perolehan kursi (parpol),” ungkapnya.

Dia berharap, agar gubernur bisa segera menindaklanjuti hasil rapat paripurna kemarin dengan segera mengusulkan penetapan pimpinan DPRD Banten. Sebab, saat ini baik pemerintah dan DPRD sudah dihadapkan dengan agenda padat yang perlu pembahasan komprehensif.

Kita semua berharap semua proses penerbitan bisa secepatnya. Mengingat agenda pemerintah sangat padat, terutama berkaitan dengan Rancangan APBD 2020. Itu diharuskan pembahasannya setelah AKD terbentuk,” tuturnya.

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Banten, Teguh Istaal berharap pemprov dan Mendagri Tjahyo Kumolo segera mempersoses dan mengeluarkan SK Pimpinan DPRD Banten Definitif.

"Tentunya kami ingin segera bekerja, karena tanpa adanya AKD yang dasar hukumnya adalah Pimpinan DPRD Definitif. Harapannya, Mendagri segera mengeluarkan SK itu," katanya.

Senada dikatakan Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Banten, Jazuli Abdillah. Menurut dia, dengan adanya AKD, maka kinerja legislatif dapat berjalan dengan baik.

"Secara umum dulu, ada pimpinan di DPRD Banten Definitif, maka dengan sendirinya akan ada kegiatan-kegiatan, dan fungsi kami disini akan lebih maksimal lagi, karena akan dapat membahas program kerja dengan pemerintah, baik yang sedang berjalan maupun ditahun 2020," ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Banten, Deni Hermawan membenarkan, untuk saat ini seluruh anggota DPRD belum bisa difasilitasi untuk kegiatan kunker atau perjalanan dinas. Sementara untuk hak keuangan berupa gaji dan tunjangan sudah didistribusikan setelah mereka dilantik.

Perjalan dinas itu representasi dari AKD. Jadi selama alat kelengkapan DPRD belum terbentuk maka hak-hak yang berkaitan penunjang perjalanan dinas dan lain-lain belum bisa diberikan,” tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds