Dokumen Lengkap, Belasan Pejabat Eselon II Banten Segera Digeser

Pemprov Banten  KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 17:41:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Dokumen Lengkap, Belasan Pejabat Eselon II Banten Segera Digeser

ASN Pemprov Banten/Dok

RMOLBanten. Dalam waktu dekat ini Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) akan melakukan mutasi dan rotasi jabatan untuk eselon II.

Panitia seleksi (Pansel) yang diketuai Sekda, Al Muktabar telah melakukan perbaikan dokumen kekurangan yang sebelumnya disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).
 
Bahkan, untuk melengkapi dokumen yang diminta oleh KASN, Al Muktabar bersama dengan pansel lainnya, seperti Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Komarudin pada Rabu (18/9) sore sampai malam pukul 21. 50 WIB melakukan rapat maraton diruang rapat Sekda lantai II di Aula Setda.
  
Kepala BKD Banten, Komarudin ditemui usai rapat tertutup dengan Sekda Banten Al Muktabar, Kamis (19/9) membenarkan mengenai rapat maraton bersama dengan pansel membahas kekurangan  dokumen yang diminta oleh KASN untuk mutasi belasan pejabat eselon II.
 
"Memang betul, gubernur (WH) mengusulkan surat mutasi (eselon II) ke KASN tiga hari yang lalu. Kemudian dari KASN ada yang kurang lengkap dokumennya, akhirnya kita lengkapi, termasuk semalam (Rabu,18/9) dalam rangka yang diminta oleh KASN," katanya.
 
Ia menambahkan, apa yang saat ini dilakukan dan dibahas oleh Pansel sekaligus membantah apa yang ramai dibicarakan mengenai mutasi pemprov di media sosial (Medsos).

"Ada berita di medsos ramai, ini juga klarifikasi kami. Kita juga timbul pertanyaan dokumen itu muncul di medos, kalau kami sih meyakini tidak disini yang bocor. Karena surat sudah kita kirim ke komisi ASN, kalaupun beda, itu tidak releven, karena surat itu belum final baik dari pemprov maupun KASN. Karena dikitanya belum selesai," jelasnya.
 
Terkait dengan usulan mutasi eselon II yang disampaikan KASN oleh WH beberapa hari lalu dikatakan Komarudin, merupakan proses panjang dan berkelanjutan yang dilakukan oleh pihaknya.

"Ini kan penilaianya berkelanjutan, dan pada akhirnya harus dilakukan mutasi jabatan. Kalau jumlahnya saya lupa lagi,pokoknya ada, mungkin belasan,"ungkapnya seraya mengatakan terhadap pejabat yang akan dimutasi telah dilakukan asessment beberapa bulan lalu.

Adapun dokumen yang dimintai oleh KASN atas mutasi belasan pejabat eselon II, diantaranya adalah mengenai rekam jejak.
 
"Perbaikan dokumen, seperti kesesuaian diklat (pendidikan dan pelatihan), kesesuain pendidikan, kesesuaian pengalaman, kesesuaian rumpun jabatan, dan kesesuaian rekam jejak. Untuk rumpun jabatan, misalnya kalau PU (pekerjaan umum), dengan perkim (perumahan permukiman), kalau kesehatan dengan pemberdayaan," ungkapnya.
 
Disinggung kriteria belasan pejabat eselon II yang akan dimutasi lanjut Komarudin, parameternya adalah lamanya menduduki jabatan serta kinerja.

"Intinya yang sudah lewat dari lima tahun, berdasarkan kinerja tidak tercapai, ketidaksesuaian dengan posisi, dan latar belakang pendidikan, berdasarkan kebutuhan organisasi," kata Komarudin mendetail pejabat eselon II yang akan digeser.
 
Sebelumnya, Sekda Banten Al Muktabar usai melakukan rapat di Bappeda menegaskan, pihaknya tengah memperkuat birokrasi diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Alasanya, agar target rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022 dapat tercapai sesuai rencana.
 
"Untuk mengejar visi misi Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur Banten yang sudah dituangkan dalam RPJMD, maka diperlukan sumber daya manusia yang dapat bekerja dengan baik," katanya singkat. [ars]


Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds