Tangkal Radikalisme, Dindikbud Pandeglang Terapkan Pendidikan Karakter

Pendidikan  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Tangkal Radikalisme, Dindikbud Pandeglang Terapkan Pendidikan Karakter

Taufik Hidayat/MUL

RMOLBanten. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat mengaku telah mengintruksikan seluruh kepala SD dan SMP untuk melakukan proses percepatan penguatan pendidikan berkarakter.

Hal itu untuk menangkal adanya faham radikalisme yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Pandeglang.

"Melakukan proses percepatan apa yang diamanatkan Kemendiknas tentang penguatan pendidikan karakter. Ini kepala sekolah terus kita genjot dimana pun setiap ada kegiatan saya selalu selipkan hal-hal itu begitupun dengan para kasi dan kabid-kabid Dikbud Pandeglang," katanya.

Menurut Taufik, dalam penguatan pendidikan karakter itu ada prioritas utama ada nilai-nilai yang dapat menguatkan rasa nasional dan kecintaan terhadap NKRI.

"Dalam penguatan pendidikan berkarakter itu ada prioritas utama yang pertama nasionalis, kemandirian, religius, integritas dan gotong royong. Ketika ini dilakukan pihak sekolah bersama demgan komite maka mudah-mudahan hal-hal yang sepeti itu bisa terhindari," ungkapnya.

Meski begitu, pencegahan masuknya paham radikal tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Tak hanya itu peran keluarga dan lingkungan masyarakat juga sangat diperlukan untuk menangkal faham yang dianggap menyesatkan itu.

"Tetapi  ketika berbicara pendidikan, pendidikan itu bukan hanya menjadi tanggung jawab kita semua (Pemerintah, Orang tua dan masyarakat). Selain lingkungan masyarakat, penggunaan gadget juga menjadi faktor paling berbahaya. Karena informasi masuk melalui gawai berteknologi tinggi," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds