Kenalkan Sejarah Kemerdekaan Di Film Animasi Batlle of Surabaya

Pendidikan  SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 20:37:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Kenalkan Sejarah Kemerdekaan Di Film Animasi Batlle of Surabaya

Nonton bareng film Battle of Surabaya/LAN

RMOLBanten. Menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Sinar Mas Land mengajak ratusan pelajar dari SMP Islam Al Azhar BSD dan SMP Pahoa Serpong untuk menyaksikan film animasi berjudul 'Battle of Surabaya' di The Breeze BSD, Tangerang, Sabtu, (19/10).

Film yang digagas oleh MSV Studio ini, merupakan hasil karya anak bangsa dan di sutradarai langsung oleh Aryanto Yuniawan yang pernah mencicipi juri International Seoul International Cartoon and Animation Festival (SICAF 2017) di Korea.

Film yang bercerita tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia demi mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan Indonesia ini sangat dinikmati ratusan siswa dan para guru yang mendampingi.

Ditambah pemeran fiksi bernama Yumna, Danu dan Musa yang menambah dramatisasi film.

Salah satu Pembina Osis SMP Islam Al-Azhar BSD, Rahmat Rizky Basukisangat mengapresiasi film 'Battle of Surabaya'. Menurutnya, banyak sekali edukasi yang tertanam di dalam film tersebut.

"Film animasi asli indonesia yang sangat kreatif. Banyak edukasi yang didapat mulai dari keberagaman adat, agama dan budaya. Dan sosok anak kecil yang mandiri untuk memperjuangkan kemerdekaan. Apalagi ceritanya sangat menginspirasi untuk anak-anak muda sebagai penerus bangsa supaya menghargai perjuangan para pahlawan yang gugur," terang Rizki.

Sementara Sutradara Battle of Surabaya, Aryanto Yuniawan mengatakan butuh waktu tiga tahun lamanya untuk membuat film animasi Battle of Surabaya.

Ia pun, menjelaskan penambahan karakter yang ada dalam filmnya seperti Musa, Yumna, Danu sebagai karakter fiksi untuk memperkuat dramatisasi.

"Film animasi ini adalah akumulasi dari perang-perang sebelumnya. Melalui Yumna, kita mengangkat tokoh pahlawan. Dimana zaman millenial ini kita butuh figur seorang yang sesuai dengan tokoh saat ini. Tentunya untuk membangkitkan semangat generasi muda agar terinspirasi menjadi pahlawan dalam masing-masing kapasitasnya," ungkap Aryanto.

Sedangkan, Corporate Communications & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land, Panji Himawan memaparkan tujuan nobar yang dilakukan selama dua tahun ini, yakni untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, membangkitkan kembali semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus untuk berjuang membela negaranya.

"Selain itu untuk memperkenalkan industri animasi di Indonesia yang semakin maju dan menghargai karya anak bangsa. Sebelumnya, kita seleksi dan kita liat dari berbagai film animasi yang ada, dan dipilihlah Battlebof Surabaya ang mengandung pesan keberagaman," bebernya.

Diketahui Film Battle of Surabaya juga telah mendapat segudang penghargaan mulai dari tingkat Nasional hingga Internasional. [ars]

Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds