Kemenkomatirim: Tangerang Jalur Sutera Rempah Maritim

Pariwisata & Budaya  SELASA, 29 OKTOBER 2019 , 21:00:00 WIB | LAPORAN: OBI JAYA

Kemenkomatirim: Tangerang Jalur Sutera Rempah Maritim

Spice Route Culture/OBI

RMOLBanten. Untuk mengingatkan generasi milenial mengenai jalur rempah maritim Indonesia pada masa lampau, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membuat berbagai kegiatan kedaerahan di jalur-jalur rempah maritim. Salah satunyaKota Tangerang.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 29-31 Oktober 2019 ini diisi dengan acara kreatifitas, bazar, juga seminar kemaritiman yang diselenggarakan di Transmart Cikokol, Kota Tangerang.

"Acara yang kita buat pun, kita pilih di kawasan atau daerah yang memang dahulunya menjadi perlintasan jalur rempah seperti Tangerang, Padang dan Sulawesi," kata Kepala Bidang Penguatan Karakter Bangsa Maritim Kemenkomatirim, Ardiansyah saat membuka Spice Route Culture.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengingatkan para generasi milenial bahwa Indonesia sejak dahulu dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Bahkan, untuk mengenalkan rempah khas Indonesia, para pedagang Indonesia melalui jalur maritim hingga ke Afrika.

"Namun sayangnya, China juga mengklaim jalur rempah yang sebenarnya adalah jalur rempah Indonesia dengan mendaftar diri melalui UNESCO, namun mereka hanya merupakan jalur sutra," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga secara aktif bekerja sama dengan sejumlah instansi ataupun kementerian untuk membangun kembali sejarah jalur rempah.

"Selain seminar, kita juga bangun kembali sejarah jalur rempah melalui Kemendikbud-dikti dengan menyusun buku mengenai jalur rempah yang diharapkan dapat memberi gambaran rinci perjalanan sejarah rempah di Indonesia yang menjadi komoditas utama perdagangan dunia dan salah satu faktor penentu berkembangnya perdagangan global pada masa lampau," ujarnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, pihaknya meyakini bangsa Indonesia dapat kembali membangun poros maritim dunia dalam segi budaya dan perdagangan. [ars]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds